Pertemuan Ulama dan Duat Internasional Dituntut Hasilkan Rekomendasi Paktis Bagi Kejayaan dan Kemaslahatan Ummat

PADANG (UMMAT Pos) — Rangkaian kegiatan Multaqo atau pertemuan Ulama dan Du’at Internasional di Padang, Sumatera Barat telah dimulai sejak 11 Juli lalu dan dijdwalkan akan berakhir pada 20 Juli 2017 mendatang.

Kegiatan Multaqo ke 3 ini diikuti oleh setidaknya 400 ulama dan dai. Sejumlah isu umat seperti pergaulan bebas, narkoba, transgender, kriminalitas hingga ujaran kebencian akan dibahas.

Pada Mulatqo ke 3 kali ini dirangkaikan dengan Simposium pegiat media dan jurnalis Islam lintas media khususnya media elektronik (televisi dan dari/ online), juga digelar bazar dan lomba seperti tahfizh Al-Qur’an dan Hadis, subuh berjamaah dan lainnya.

Ustadz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin. MA. selaku ketua ikatan dai Asia Tenggara menjelaskan misi dai di Asia Tenggara adalah berdakwah dengan moderat, menghargai kearifan lokal dalam batas Syariat yang terbingkai dengan hikmah dalam upaya memecahkan problem-problem keummatan serta memberikan kontribusi nyata bagi Ummat Islam.

Senada dengan sambutan Ust. Zaitun, dalam sambutannya Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan pertemuan ulama adalah silaturahmi yang mengandung banyak kebaikan. Maka diharapkan dari pertemuan ini akan menghasilkan berbagai solusi atas permasalahan yang tengah banyak terjadi di umat islam.

Sementara itu Dubes Arab Saudi berharap pertemuan ini bisa merumuskan berbagai poin yang bermanfaat bagi umat dan memberikan solusi yang membangun serta meningkatkan kekuatan. (fm)

PILIHAN REDAKSI