Forum Umat Islam Bersatu Sulsel Tolak Perppu Pembubaran Ormas

MAKASSAR (UMMAT Pos) — Ratusan massa lintas ormas yang tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Sulsel berunjuk rasa menolak Perppu Pembubaran Ormas.

Massa melakukan long march dari masjid menuju gedung DPRD Sulsel di jl Urip Sumohardjo, Jumat (21/7)

Ketua FUIB Sulsel Muchtar Daeng Lau mengatakan, ada puluhan ormas yang turut ambil bagian dalam aksi hari ini namun yang turun sementara ini adalah pemuka-pemuka ormasnya.

“Baru pemuka-pemuka ormas yang turun hari ini, belum massanya masing-masing. Diantara ormas itu ada FPI, Muhammadiyah, Wahdah Islamiyah dan Hidayatullah,” kata Muchtar Daeng Lau.

Ketua FPI Makassar, Agus Salim Syam dalam orasinya mengingatkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Islam saat ini tetap di atas kesabarannya. Namun ia juga mengingatkan, ketika sudah tiba di puncak kesabarannya maka suka atau tidak suka, akan tiba saatnya untuk mengumandangkan jihad.

“Jika nanti sudah tiba di puncak kesabaran umat Islam maka suka atau tidak suka akan mengumandangkan jihad di tengah kaum muslimin dan saat itu tidak ada yang mampu untuk membungkamnya,” seru Agus Salim Syam.

Aksi ini dikawal ketat petugas kepolisian mulai dari masjid Al Markas Al Islami hingga ke gedung DPRD Sulsel. Long march didampingi langsung Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Endi Sutendi.

Barisan polisi tampak menyiagakan water canon, mobil barracuda dan mobil barrier di halaman DPRD Sulsel dan di bawah fly over.

Aksi berjalan damai meski sebelumnya beredar isu bahwa aksi ini akan dibubarkan paksa, tidak dibiarkan keluar dari masjid Al Markaz karena tidak mengantongi izin. (fm)

PILIHAN REDAKSI