Militer Saudi Rontokkan Rudal Balistik Pemberontak Houthi Sebelum Capai Sasaran

RIYADH (UMMAT POs) — Pasukan pertahanan Arab Saudi berhasil menembak jatuh rudal yang diketahui dilepaskan pasukan Al-Houthi Syiah Yaman. Balistik itu digagalkan saat bergerak menuju Kota Suci Makkah, Kamis (27/7).

“Ini merupakan upaya menyedihkan dari pemberontak Syah Houthi untuk mengganggu Haji,” demikian pernyataan koalisi Saudi, sebagaimana dikutip AFP.

Rudal itu berhasil dicegat dengan menggunakan rudal patriot di lokasi yang berjarak 69 kilometer dari situs suci di Saudi tersebut. Pecahan rudal balistik itu jatuh di daerah tak berpenghuni, kata Xinhua, Jumat (28/7) pagi.

Hingga kini, belum ada tanggapan dari militan Houthi terkait laporan ini. Jika benar, ini bukan kali pertama Houthi menargetkan kawasan suci umat Islam sedunia ini.

Salah satu upaya serangan pemberontak Houthi yang mendapat sorotan luas adalah ketika Saudi melaporkan berhasil menjatuhkan serangan rudal serupa pada Oktober tahun lalu.

Kelompok Houthi, yang didukung Iran dan pendukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh, memang menargetkan sejumlah kota perbatasan Saudi sejak beberapa tahun belakangan. [fm/afp/Xinhua]

PILIHAN REDAKSI