251 Perguruan Tinggi Ikuti MTQ Mahasiswa Nasional yang Dimulai Hari Ini

MALANG (UMMAT Pos) — Sekitar 3.000 kafilah dari 251 perguruan tinggi se-Indonesia akan hadir dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional XV Tahun 2017 yang digelar di Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Negeri Malang (UM).

MTQ di dua kampus ini diagendakan digelar selama tujuh hari, mulai Jumat 28 Juli 2017 hingga Jumat 4 Agustus 2017. Menurut jadwal, acara bergengsi tingkat nasional ini akan dibuka oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir.

Rektor UB Malang, M Bisri menyebutkan, MTQ mahasiswa ini merupakan acara rutin tahunan.

“Kegiatan MTQ mahasiswa kita jadikan juga sebagai media membangun dan memantapkan nilai-nilai kebangsaan untuk dosen dan mahasiswa,” ujarnya.

Khusus untuk kegiatan Khotmil Alquran, digelar bersama 1.000 hafiz dan hafizah, serta partisipan dan masyarakat umum. Kegiatan ini, sudah dimulai sejak Rabu (26/7/2017) dan akan berakhir pada Selasa 2 Agustus 2017 mendatang di Masjid Raden Patah UB Malang dengan harapan mampu memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Untuk diketahui, ada 13 cabang bidang yang dilombakan. Tujuh cabang dilaksanakan di UB dan enam sisanya di UM. Adapun cabang bidang yang akan dilombakan terdiri dari Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Qira’ah Sab’ah, Musabaqah Fahmil Quran, Hifdzil 5 dan 10 Juz, Debat Kandungan Alquran (bahasa Inggris), dan Lomba Karya Tulis Alquran.

Gelaran MTQMN kali ini dimeriahkan dengan event bazar yang dimulai kemarin (27/7) hingga 2 Agustus mendatang di sekitar parkiran Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB. Di sana, terdapat 80 stan dari beragam industri kreatif Malang. Mulai dari usaha kuliner, fashion, aneka craft, lomba mewarnai, beauty class by Wardah, dan lain-lain. Selain itu, ada door prize menarik serta pembagian 1.000 produk secara gratis untuk pengunjung yang hadir. (fm/jpnn/Sindo)