Semakin dekat, Gerai #212Mart yang ke 13 hadir di Jatisampurma Bekasi

JATISAMPURNA (UMMAT Pos) — Gerai 212 Mart yang ke 13 besutan Koperasi Syariah 212 (KS 212) diresmikan di Jl. Raya Kranggan No. 109 Jatisampurna Bekasi pada Sabtu (5/8).

212 Mart ini berada di bawah payung hukum Koperasi Dana Mandiri dengan Ketuanya H. Muhammad Farid Rahmat.

Salah satu tujuan dibentuknya amal usaha 212 Mart ini menurut Farid adalah untuk memberdayakan ekonomi umat dengan meningkatkan kemandirian masyarakat Jatisampurna melalui persaingan usaha dagang yang sehat dan sesuai syariat.

Diakuinya sejumlah produk yang dihasilkan oleh produsen lokal memang masih terbatas dan belum mampu sepenuhnya menjawab kebutuhan umat, namun pihaknya berupaya untuk menyeleksi dan menyaring barang kebutuhan yang ditawarkan agar tetap sesuai kebutuhan mendasar, yaitu halal dan baik. Diantaranya dengan tidak menjajakan produk-produk pro Yahudi yang diboikot.

“Kami ingin menjaring dan mendukung UKM lokal yang ada untuk bersaing (secara kualitas dan harga). Jika itu mampu mereka penuhi, bisa saja direkomendasikan ke tingkat Pusat Koperasi 212 untuk didistribusikan ke jaringan 212 mart yang ada,” ujar Farid kepada kepada Ummat Pos saat dihubungi, Sabtu (5/8).

Soal kepemilikan saham bersama umat Islam, lanjut Farid menjelaskan bahwa kepemilikan 212 Mart ini adalah berjamaaah, di mana setidaknya ada 300an orang yang bergabung mendirikan 212 Mart ini.

Untuk diketahui, Koperasi 212 telah mendirikan 13 gerai. Tiap gerai bervariasi nilai investasinya, termurah adalah Rp 170 juta dan termahal adalah Rp 400 Juta. Jumlah tersebut belum termasuk lahan, bangunan, dan biaya renovasi. Bisa dikatakan minimum dibutuhkan Rp 600 juta untuk mendirikan satu gerai.

Namun menariknya adalah, Koperasi Syariah 212 sebagai pemilik waralaba, tidak mengenakan franchise free, loyalti fee, dan management fee. Intinya, 212Mart tidak boleh dimiliki pribadi atau oleh sebagian orang, justeru sebaliknya harus berjamaah. Salah satu persyaratannya adalah investor harus minimum 100 orang. (fm)

PILIHAN REDAKSI