Ahok tak jadi hadir sebagai saksi di sidang Buni Yani hari ini

JAKARTA (UMMAT Pos) — Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak hadir dalam sidang kasus pelanggaran Undang-Undang ITE dengan terdakwa Buni Yani. Ahok seharusnya jadi saksi untuk Buni Yani dalam sidang hari ini di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung, Jalan Seram Kota Bandung, Selasa (8/8/2017).

Pengacara Ahok, I Wayan Sudirta menjelaskan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak wajib hadir dalam persidangan yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat. Ini mengingat jarak yang ditempuh Ahok dari Mako Brimob Kelapa Dua Depok ke Bandung sangat jauh.

Menurut Undang-Undang, kata Wayan, hal itu diperbolehkan. Sementara sebagai penggantinya, jaksa membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saja.

“Cukup bacakan BAP saja, itu kepentingan jaksa sudah terwakili. Tidak ada yang berkurang,” ucap Wayan di Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Sementara itu Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum, Andi M Taufik mengatakan pihaknya sudah mengupayakan, tapi Ahok tidak bisa hadir dan ia mengaku telah menerima surat dari ketidaksediaan untuk hadir.

“Dari pihak lapas juga sudah ada surat,” katanya saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa pagi.

Buni Yani didakwa melanggar UU ITE karena menyebarkan potongan pidato Ahok di Kepulauan Seribu. [fm/lputan6/kompas]

PILIHAN REDAKSI