Klarifikasi gambar yang beredar ketika kunjungan Erdogan ke makam Khumaini di Iran

TEHERAN (UMMAT Pos) — Belakangan ini beredar gambar yang diduga sebagai kunjungan Erdogan ke makam Khumaini di Iran.

Laman azamil kemudian mengklarifkasi dan memastikan, ternyata gambar tersebut adalah kunjungan Erdogan ke kota Najf pada tahun 2011 dan tidak ada hubungannya dengan kunjungannya ke Iran pada tahun ini.

Hingga saat ini belum diketahui motif penyebaran berita dari foto ini yang mengganti kota Najf dengan Iran, namun yang jelas upaya penyebaran kabar hoax ini akan menimbulkan rasa permusuhan yang sudah terbangun sejak dimulainya pertentangan antara Iran dan Saudi.

Sebelumnya situs-situs Syiah pada tahun 2011 memberitakan:

Erdogan tiba di Najf dan berziarah ke makam amirul mu’minin Imam Ali. Perdana menteri Turki Rasap Tayep Erdogan mengunjungi makam Imam Ali bin Abi Tholib pada hari ke dua kunjungannya di Najf, Irak.

Dan situs Nun al Akhbari memberitakan bahwa perdana menteri Turki Razab Tayep Erdogan dan rombongannya tiba di kota Najf pada hari Selasa dan mengunjungi makam imam Ali bin Abi Tholib a.s.

Erdogan disambut di bandara Najf oleh para pejabat terkait.

Setelah kunjungannya ke makam imam Ali, Erdogan menyempatkan untuk bertemu pemuka agama setempat, Ayatulla al Udzma al sayid Ali Al Husainiy al Syisatani, selama kurang lebih satu jam.

Erdogan menolak untuk berkomentar tentang pertemuannya dengan al sayid Ali al Husaini al Syisatani.

Sesuai dengan jadwal, Erdogan akan berkunjung ke Arbil untuk bertemu gubernur Kurdistan, Irak, Mas’ud Al Barzani.

[fm/gup/azamil]

 

PILIHAN REDAKSI