Jadi Ormas, Bang Japar Luncurkan Program Kampung Anti Narkoba

JAKARTA (UMMAT Pos) — Bertransformasi menjadi organisasi kemasyarakatan (ormas) Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) yang sebelumnya merupakan komunitas relawan tim pemenangan pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017 ini meluncurkan berbagai program untuk mendukung realisasi janji kerja Anies-Sandi.

Salah satu program dari ormas yang baru saja terbentuk ini adalah dengan menginisiasi berdirinya Kampung Anti Narkoba dan meluncurkan ambulance gratis untuk warga kampung yang ada di Jakarta.

Menurut ketua umum Bang Japar Fahira Idris, maraknya peredaran narkoba takkan membuat masyarakat bahagia. Karenanya, dia meminta anggota Bang Japar, yang kini menjadi organisasi kemasyarakatan (ormas), memutus mata rantai peredaran barang haram tersebut.

“Dan masyarakat harus diberi ruang dan dilindungi untuk berperan memberantas narkoba,” jelasnya. “Karena, semasif apapun aparat menangkapi bandar narkoba, peredaran narkoba akan tetap ada, jika masyarakat tidak ikut bergerak,” papar Wakil Ketua Komite III DPD RI ini di sela pelantikan Ormas dan LBH Bang Japar di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Ahad (13/7) kemarin.

Lebih lanjut, Fahira Idris, menyebut bisnis narkoba yang dijalankan para bandar tak ubahnya perusahaan.

“Ada direkturnya, ada komisarisnya, ada investor, ada agen, sampai ke distributor atau pengedar,” ujarnya dalam siaran persnya di Jakarta.

Fahira meyakini, maraknya peredaran narkoba takkan membuat masyarakat bahagia. Karenanya, dia meminta anggota Bang Japar, yang kini menjadi organisasi kemasyarakatan (ormas), memutus mata rantai peredaran barang haram tersebut.

“Dan masyarakat harus diberi ruang dan dilindungi untuk berperan memberantas narkoba,” jelasnya. “Karena, semasif apapun aparat menangkapi bandar narkoba, peredaran narkoba akan tetap ada, jika masyarakat tidak ikut bergerak,” pungkasnya pada kesempatan yang turut dihadiri Anies, Sandi, dan 2.500 pengurus ormas tersebut. [fm]