Akankah Ahok Hadir Besok di Sidang Buni Yani?

BANDUNG (UMMAT Pos) — Meski telah melayangkan surat panggilan ketiga kepada mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menjadi saksi dalam sidang terdakwa Buni Yani. Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) belum mendapat kepastian soal kehadiran Ahok.

“Sesuai dengan perintah majelis, panggilan ketiga sekarang ini. Cuma jawabannya apakah hadir atau tidaknya belum kita pastikan juga,” ujar jaksa Andi M Taufik saat dihubungi, Senin (14/8/2017).

Soal upaya paksa menghadirkan Ahok, Andi menyebut hal itu tidak bisa dilakukan. Sebab, Ahok saat ini berada di tahanan Mako Brimob Kelapa Dua.

“Tidak bisa (upaya paksa). Apalagi dia ini sudah ditahan,” kata Andi seperti dilansir detiknews.

Ahok dijadwalkan menjadi saksi dalam sidang Buni Yani pada pekan lalu. Namun Ahok tidak hadir dalam sidang tersebut. Majelis hakim tetap meminta jaksa menghadirkan Ahok dalam sidang pekan ini.

Buni Yani didakwa mengubah video pidato Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Kepulauan Seribu dengan menghapus kata ‘pakai’. Selain itu, Buni Yani didakwa menyebarkan informasi yang menimbulkan kebencian terhadap masyarakat berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Hal ini berkaitan dengan postingan Buni Yani di Facebook. (fm/detiknews)

PILIHAN REDAKSI