Jalur Perlintasan Fatah Mulai Dibuka Secara Sepihak Bagi Jam’aah Haji Gaza

GAZA (UMMAT Pos) — Jama’ah calon haji asal Gaza, Palestina tadi pagi (14/8/2017) dikabarkan mulai melintasi perbatasan Rafah untuk berangkat menuju Baitullah Al-Haram Makkah Muakarramah, satu-satunya pintu keluar bagi warga Gaza ke dunia internasional.

Direktur umum perlintasan Rafah, Wail Abu Umar kepada Quds Press mengatakan, gelombang pertama menuju Baitullah berjumlah 800 jamaah. Sejak tadi pagi mereka mulai meninggalkan Jalur Gaza menuju tanah Hijaz.

Pihak Mesir berinisiatif membuka perlintasan. Diperkirakan sebanyak 2500 jama’ah haji Palestina tahun ini akan berangkat ke Makkah melalui perlintasan Rafah, mulai hari ini (Senin 14/8) hingga Kamis mendatang.

Sebelumnya perlintasan ini tertutup bagi warga Gaza, terutama selama masa perbaikan dan tidak dibuka kecuali hanya beberapa hari saja bagi warga Gaza yang akan pulang ke tempat tinggalnya. Menurut departemen dalam negeri Palestina, sejak awal tahun 2017 hingga saat ini, Rafah tidak dibuka kecuali 10 hari saja. Selama 215 hari nyaris ditutup total.

Sejak bulan Maret lalu, perlintasan ini mengalami perbaikan terutama dari sisi Mesir, setelah sebelumnya rusak parah. Menurut jadwal, perbaikan perlintasan ini akan selesai pada awal September mendatang. Sejak Juli 2013 pemerintah Mesir menutup total perlintasan dan tidak dibuka kecuali dalam kondisi darurat atau kemanusiaan, akibat sakit atau mereka yang akan melanjutkan kuliah.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 35 ribu warga yang telah mendaftar untuk bisa keluar dari Gaza. Umumnya mereka terdiri dari para pasien rujukan dan para mahasiswa. Sementara ribuan lainya masih menunggu keputusan pemerintahan Mesir untuk bisa pulang ke Gaza. (fm/ip)

PILIHAN REDAKSI