Diundang Raja Salman, 30 Kepala Suku Temui Wapres JK Sebelum Berangkat Haji

JAKARTA (UMMAT Pos) — 30 kepala suku asal Papua dan Papua Barat yang mendapatkan undangan khusus Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2017).

Kedatangan mereka menemui JK menurut tokoh Muslim Papua ustaz Fadlan Garamatan, untuk pamit sebelum berangkat melaksanakan haji yang tinggal dalam hitungan hari.

“Pertama kami dari Papua dan Papua Barat. Pertama adalah bersilaturahmi karena bapak-bapak kepala suku ini selain mewakili Irian juga mewakili Indonesia atas undangan kerajaan Saudi Arabia, melalui Syekh Salman,” kata Ustaz Fadlan di kantor Wapres.

Menurutnya, ada 30 orang kepala suku yang akan berangkat, Senin (21/8) besok. Dia menambahkan, para kepala suku ini mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas kepeduliannya pada pembangunan di Papua dan Papua barat.

“Bapak Wapres menyampaikan beliau merasa bahagia dan sekaligus berpesan agar bapak-bapak ini pergi dan kembali dengan selamat sehingga dapat menjaga bangsa kita dan juga Irian Jaya,” jelasnya.

Nama-nama kepala suku ini telah diajukan beberapa tahun sebelumnya melalui Kedutaan Arab Saudi di Jakarta. Tahun ini merupakan jumlah terbanyak kepala suku yang berangkat haji.

“Kalau sudah pernah berangkat (haji), tidak boleh lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Wapres JK sempat mengajak pada kepala suku itu untuk berfoto bersama di depan kantor Wapres. [fm]

PILIHAN REDAKSI