Mengapa Kiswah Kabah Digulung Saat Musim Haji?

MAKKAH (UMMAT Pos) – Pada saat musim haji beberapa tahun ini, jemaah akan melihat bagian bawah kiswah selalu diangkat. Dari kejauhan, jemaah akan melihat bagian bawah Kabah dilapisi dengan kain putih.

Dilansir dari viva.co.id yang mengutip dari surat kabar Al Sharq, mengabarkan bahwa berdasarkan keterangan Pengurus Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syekh Dr. Abdurrahman as-Sudais dan pantauan dari wakil ketua umumnya, Muhammad Khuzaim, bagian bawah kabah memang sudah diangkat setinggi tiga meter sejak Selasa pekan lalu.

BACA JUGA: Waduh, Ada 25 Koper Jamaah Haji Asal Madura Isinya Rokok dan Jamu

Bagian kabah Kiswah kemudian dilapisi dengan kain katun dari empat arahnya, dalam rangka penghormatan dan menjaga kebersihannya.

Langkah ini juga sudah sesuai dengan agenda operasional tahunan dari tim yang terdiri dari para spesialis dan teknisi. Tujuan lain dari pengangkatan Kiswah yaitu guna menghindari tindakan yang tidak diinginkan dari jemaah haji.

BACA JUGA: Orang Indonesia putih hatinya, kesan warga Saudi menyambut tamu Allah di tanah suci

Saat musim haji memang banyak jemaah haji yang berupaya menyentuh Kiswah kabah. Bahkan, ada sebagian jemaah haji yang berusaha memotong bagian bawah Kiswah yang bergelantungan dalan rangka bertabarruk. Hal tersebut adalah tindakan yang salah.

Setelah diangkat dan ditutup dengan kain putih sepanjang 47 meter, posisi kemudian akan dikembalikan lagi seperti semula setelah musim haji selesai. (fm/viva)

PILIHAN REDAKSI