Bahas Kondisi Warga Rohingya, Menlu Turki Kunjungi Bangladesh

Menlu Turki Mevlut cavusoglu melakukan kunjungan di titik camp pengungsian Bangladesh

ANKARA (UMMAT Pos) —¬†Menteri luar negeri Turki Rabu ini dikabarkan melakukan kunjungan ke camp pengungsian umat Islam asal Arakan Myanmar yang melarikan diri ke Bangladesh.

Menurut sumber diplomatik Kementerian Luar Negeri Turki, delegasi tersebut beranjak menuju Bangladesh setelah sebelumnya mengunjungi Azerbaijan dan bertemu menteri luar negeri setempat.

Dijadwalkan Menlu Turki akan bertemu dengan Menlu Bangladesh membahas tentang krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar.

Pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Presiden Kharismatik, Recep Tayyip Erdogan dikenal memiliki perhatian besar terhadap kondisi warga Muslim Rohingya. Hal itu dibuktikan dengan pernyataan kecaman dan seruan kepada dunia internasional serta tekanan diplomatik.

Tak hanya itu, sejumlah media turut merekam aksi nyata pemerintah bersama NGO Turki saat menjemput “manusia perahu” yang terkatung-katung di laut lepas dan menyalurkan donasi kepada para korban.

Sejak 25 Agustus lalu militer Myanmar melakukan kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia kepada komunitas muslim rohingya.

Sampai saat ini tidak diketahui jumlah pasti korban atas tragedi kemanusiaan ini kamu diperkirakan antara 2000-3000 korban jiwa.

Sumber Diplomatik PBB untuk urusan pengungsi dunia menyatakan Sejumlah 123.000 warga rohingya mengungsi menuju Bangladesh dalam 10 hari terakhir. (af/aa/fm)

PILIHAN REDAKSI