Menambah Pengetahuan Islam dengan Mengunjungi Museum Holy Quran

MADINAH (UMMAT Pos) — Dua Kota Suci, Makkah dan Madinah menjadi destinasi yang tidak pernah sepi sepanjang tahun. Jutaan umat muslim di seluruh dunia datang ke Tanah Haram (suci) ini untuk menunaikan ibadah, baik haji maupun umroh.

Di sela-sela ibadah yang dilakukan, kunjungan ke beberapa tempat menarik di dua kota suci itu akan menambah pengetahuan tentang dunia Islam. Salah seorang jamaah umroh, Daud Supriyadi (32 tahun) menceritakan kisahnya saat mengunjungi museum al-Quran yang berada di kota suci Madinah.

“Sangat menguatkan keimanan bahwa Al-Quran benar-benar dijaga kemurniannya oleh Alloh,” kata Pria asal Jakarta ini.

Museum al Quran yang dimaksud Daud, nama resminya adalah The Holy Quran Exhibition yang terletak di depan Gerbang No 5 di sisi selatan Masjid Nabawi. Museum tersebut menyimpan beragam koleksi Al Quran dan dokumentasinya.

Daud yang berangkat umroh dengan menggunakan jasa PT Nurmedinah Travelindo ini menambahkan bahwa informasi seputar Al Quran lebih berkesan dengan menyaksikan langsung manuskrip dan cetakan al-Quran serta tambahan penjelasan dari pembimbing umroh.

“Penjelasan detail sejarah al Quran lebih terasa dengan bukti-bukti al-Quran yang ada di museum,”ungkapnya.

Di dalam museum Al-Quran terdapat berbagai koleksi Al-Quran dari seluruh dunia. Ada koleksi Al-Quran dari India yang telah berusia 100 tahun. Ada juga Al-Quran yang ditulis tangan yang terbuat dari kulit rusa. Tidak perlu khawatir ketika mengunjungi museum ini, karena ada tour guide yang akan memandu kita yang fasih dengan beberapa bahasa. Tersedia juga fasilitas audio visual di dalam museum jika kita ingin mendengarkan apa saja yang terdapat dalam museum.

Didampingi pembimbing haji dari para ustadz alumni timur tengah membuatnya semakin mantap menjalankan ibadah umroh bersama Wesal. Hal sama diakui jamaah lainnya.

“Lebih nyaman dan menyenangkan dari umroh tahun sebelumnya karena sekarang sudah mengenal sunnah melalui pembimbing,” kata jemaah yang akrab disapa ibu Eti ini.

Meski dibantu dengan menggunakan kursi roda namun Eti yang juga menggunakan jasa Wesal Travel ini tetap antusias melakukan umroh kali ini bersama anak dan cucunya. [fm/daud/maksum]

 

PILIHAN REDAKSI