Innalillah, Truk bantuan untuk pengungsi Rohingya terguling di Bangladesh

DHAKA (UMMAT Pos) — Sembilan orang meninggal dunia dan 10 lagi mengalami luka-luka setelah sebuah truk pembawa bantuan untuk pengungsi Rohingya tergelincir dari jalan berbukit di Bangladesh dan terjun ke sawah pada Kamis.

“Enam orang meninggal di tempat, sementara tiga orang meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit,” kata pejabat tinggi kelompok bantuan Bulan Sabit Merah, AKM Jahangir, seperti dilansir Reuters.

Dia menambahkan bahwa beberapa yang terluka berada dalam keadaan gawat.

Korban meninggal dan terluka adalah buruh, yang berada di dalam truk itu untuk membantu menyalurkan bantuan tersebut.

Kecelakaan tersebut terjadi di distrik dekat perbatasan Myanmar, tempat pengungsi tiba sejak akhir bulan lalu untuk menghindari serangan militer Myanmar terhadap pemberontak, yang digambarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai pembersihan suku.

Pejabat Dewan HAM PBB, Zeid Ra’ad al-Hussein menyebut perlakuan Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya merupakan contoh “buku teks” tentang upaya pembersihan etnis.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Bangladesh AH Mahmood Ali menuduh pemerintah Myanmar melakukan pembunuhan massal melawan Rohingya. Pernyataan Ali mencerminkan keprihatinan yang kuat dari Dhaka mengenai masuknya pengungsi Rohingya yang terus-menerus.

“Masyarakat internasional mengatakan ini adalah genosida. Kami juga mengatakan ini adalah genosida,” kata Ali kepada wartawan di Dhaka, dikutip The Guardian. [fm/reuters/guardian]

PILIHAN REDAKSI