Wapres JK: 150 suara dari 193 Dukung Indonesia Jadi Dewan Keamanan PBB

JAKARTA (UMMAT Pos) — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengklaim berhasil mendapatkan 150 dukungan dari negara-negara anggota Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

Dukungan tersebut kata JK, didapatkan dari kampanye yang dilakukannya di New York dalam pertemuan Sidang Umum PBB di New York 2 pekan lalu.

“Yah betul, 150 suara dari 193 anggota PBB,“ ujar JK di kantornya seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa.

Untuk memastikan dukungan dari negara-negara lain tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat ini meminta negara yang mendukung untuk menyatakan dukungannya lewat surat yang diberikan secara resmi kepada Pemerintah Indonesia.

“Selesai bicara [mendukung] dia kasih surat dukungan, kaya orang pilkada begitu minta surat dukungan dari partai,” kata JK.

JK optimis Indonesia akan terpilih pada Juni 2018 mendatang. Menurutnya banyak kepala negara dan perdana menteri negara lain yang menyatakan dukungannya secara langsung kepada dirinya.

“Yang dulu tidak mendukung sekarang mendukung,” tambahnya.

Pada Juni 2018 mendatang akan berlangsung pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Indonesia nantinya akan bersaing dengan Maladewa. Dari 193 negara anggota PBB, setidaknya Indonesia membutuhkan dukungan dari 129 negara agar bisa terpilih. [fm/aa]

PILIHAN REDAKSI