Sah, Wanita Arab Sekarang Sudah Dibolehkan Menyetir Mobil

RIYADH (UMMAT Pos) — Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, akhirnya menghapus larangan berkendara khusus wanita di Arab Saudi. Peraturan baru itu rencananya baru akan diterapkan tahun depan berdasarkan kalender Islam atau sekitar 23-24 Juni 2018 mendatang.

Mengutip Aljazeraa, Rabu (27/9/2017), mengabarkan bahwa untuk mendukung keputusan tersebut, sang raja memutuskan untuk membentuk regulasi agar bisa dilaksakanan nanti. Tentu saja aturan ini berlaku dengan kewajiban syariah Islam

“Tindakan tersebut harus menerapkan dan mematuhi standar Syariah yang diperlukan,” bunyi putusan Raja Salman, seperti dilansir Reuters pada Rabu (27/9). Pemimpin Saudi itu kemudian mengatakan, bahwa sebagian besar Dewan Cendekiawan Senior, badan ulama tertinggi Saudi, telah menyetujui putusannya.

Pengumuman bersejarah bagi kaum wanita di Arab Saudi ini disebut sebagai kado manis dalam rangka HUT Saudi Arabia.

Sementara menurut sejumlah analis, pencabutan larangan wanita mengemudi ini sebagai dorongan reformasi terhadap kerajaan. Namun begitu, tak sedikit dari kalangan masyarakat dan pemuka agama menolak aturan ini.

Selain mengemudi, kerajaan juga akan memperbolehkan para wanita untuk masuk ke sebuah stadion olah raga. Sebab untuk masuk ke fasilitas ini awalnya hanya diperbolehkan khusus kaum Adam.

Arab Saudi selama ini menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang wanita untuk mengemudi. Banyak pihak dari seluruh dunia yang telah menentang aturan tersebut. [fm]

PILIHAN REDAKSI