Baznas Tanggap Bencana Siapkan Donasi Rp 3 Miliar bagi Pengungsi Rohingya

Ada kurang lebih 50 Baznas dari seluruh nusantara yang menyumbangkan sejumlah rupiah demi para pengungsi Rohingya. Awalnya jumlah tidak mencapai Rp 1 miliar, tetapi kemudian jumlah sumbangan yang masuk bertambah

JAKARTA (UMMAT Pos) — Rapat koordinasi nasional (rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyepakati pendistribusian Rp3,5 miliar dari dana zakat yang dihimpun Baznas provinsi dan kabupaten/kota bagi kaum Muslim Rohingya.

“Donasi ini akan disalurkan oleh tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) untuk para pengungsi Rohingya di Myanmar dan perbatasan Bangladesh,” ujar Kepala BAZNAS Bambang Soedibyo pada Kamis malam, (5/10/2017).

Pada sepuluh Oktober nanti Baznas berencana akan mengirimkan tim ke perbatasan Bangladesh untuk mengantarkan bantuan secara langsung kepada pengungsi Rohingya.

Ketua Baznas mengapresiasi pencapaian tersebut. Dalam waktu dekat, tim Baznas akan berangkat ke Rohingya menyerahkan bantuannya.

“Kita kerja sama dengan Kemenlu untuk kirim bantuan bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh, Indonesia dan Myanmar. Kita adalah satu-satunya negara yang bisa mengirimkan bantuan bagi Rohingya di Myanmar berkat cara diplomasi kita yang elegan,” kata Bambang.

Selain itu, dalam Rakornas Baznas 2017 menghasilkan 30 resolusi untuk memacu kebangkitan zakat di Indonesia.

Salah satunya adalah mendorong Kementerian Keuangan untuk mengeluarkan kebijakan menjadikan zakat sebagai instrumen pengurang pajak.

“Ini menjadi petanda bahwa ke depan gerakan kebangkitan zakat akan semakin mudah,” ujar Anggota Baznas Prof. Dr. Mundzir Suparta, MA usai memimpin sidang pleno terakhir Rakornas 2017.

Bambang menambahkan, tahun ini ditargetkan zakat dapat dihimpun hingga Rp8,77 triliun atau naik 25 persen dari tahun lalu yang terhimpun sebesar Rp5,1 triliun.

Untuk mencapai target penerimaan tersebut, maka jumlah muzaki individu akan ditingkatkan menjadi 5.850.000 orang dan muzaki badan menjadi 5.000 pada tahun 2018. [fm]