Surabaya gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Masjid Cheng Hoo se-Indonesia

SURABAYA (UMMAT Pos) — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Masjid Cheng Hoo se-Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Ultah masjid Cheng Hoo ke 15 untuk pertama kalinya berlangsung selama dua hari, tanggal 10 – 11 Oktober di Surabaya.

MTQ ini diikuti 50 orang peserta perwakilan dari 10 Masjid Cheng Hoo seluruh Indonesia. Para peserta akan berkompetisi meraih Juara pertama putra/ putri dengan hadiah Umroh, trophy dan sejumlah uang tunai.

Selain untuk mempererat silaturahmi pengurus masjid Cheng Hoo se Indonesia, kegiatan ini juga bertujuan guna menumbuhkembangkan ilmu dan wawasan Al-Quran (tafsir, sejarah, dan lainnya) pada generasi muda dalam menghadapi tantangan zaman.

MTQ yang mengambil tema “Dengan MTQ kta wujudkan generasi muda Indonesia Qurani dan berakhlaqul Karimah” ini dihadiri Dahlan Iskan beserta isteri, Ketua Dewan Pembina masjid Cheng hoo Surabaya, Ketua DPD PITI Jatim, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf menyampaikan apresiasi dan dukungan atas inisiatif panitia penyelenggaraan musabaqah yang dilaksanakan di daerahnya.

“Saya senang sekali banyak masyarakat yang punya inisiatif untuk menyelenggarakan MTQ, yang merupakan panggung bagi qori’ dan qori’ah untuk menjadi yang terbaik. Apalagi tidak hanya orang yang membaca Al-Quran yang mendapat pahala, tetapi yang mendengarkan juga mendapat pahala,” ujar Gus Ipul ketika membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Masjid Cheng Hoo se-Indonesia, di halaman masjid Cheng Hoo Surabaya, Selasa (10/10/2017)

Gus Ipul juga berpesan kepada generasi muda, harus bisa membentengi diri dan harus bisa memilih dan memilah sumber informasi yang beredar. Sebab, katanya banyak sekali berita palsu, yang sebenarnya sejak dulu sudah ada. Tapi dengan adanya kemajuan Teknologi Informasi (TI) bisa disebarkan lebih cepat.

Tanpa disadari kita juga bisa ikut menyebarkan informasi palsu hoax, maka penting untuk membaca, kemudian pahami sebelum di share kepada yang lain. Supaya tidak ikut menyebarkan kebohongan berantai.

Panduan mengenai pemeriksaan kabar ini juga sesungguhnya telah diatur dalam Al Quran surah al Hujurat ayat 6.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (Terjemahan Al-Hujurat [49]: 6)

Justru jika ada yang mengetahui ada berita bohong, harus bisa membuat narasi balik untuk membetulkannya. Hal ini penting, supaya tidak ada orang mengambil jalan/ tindakan yang salah karena berdasarkan informasi yang salah.

MTQ Cheng Hoo se-Indonesia yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini berlangsung dua hari yaitu tgl 10 – 11 Oktober dan diikuti 50 orang peserta perwakilan dari 10 Masjid Cheng Hoo seluruh Indonesia. Juara pertama putra/ putri mendapat hadiah Umroh, trophy dan uang. [fm]

PILIHAN REDAKSI