Upaya Lestarikan Sunnah, Arab Saudi Bangun Kompleks Hadits Nabi

JEDDAH (UMMAT Pos) —  Proyek pembangunan kompleks hadits Nabi oleh Raja Salman bin Abdul Azis Al Saud dinilai sebagai sebuah capaian yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pelayanan Sunnah. Hadits merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Alquran.

“Ini adalah pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan melestarikan Sunnah dengan metode ilmiah dan melindungi sumber kedua dari undang-undang Islam,” kata Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi, Awwad Bin Saleh al-Awwad seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (21/10).

Lebih lanjut, Menteri tersebut mengatakan bahwa dewan ilmuwan senior yang terdiri dari para ilmuwan Hadits terkemuka di dunia juga akan dibentuk untuk kompleks tersebut. Menurutnya, kompleks tersebut akan mempelajari isi dan perawi hadits untuk membuktikan yang lemah dan palsu dari ucapan asli yang sesuai dengan Alquran dan Syariah.

“Ini adalah tambahan untuk layanan hebat King Salman terhadap Islam, keprihatinannya yang mendalam tentang umat Islam dan kepeduliannya untuk mengangkat umat dan memproyeksikan citra sejati Islam,” jelasnya.

Awwad mengatakan kompleks tersebut, yang akan berbasis di Madinah, akan menjadi referensi untuk semua hadis dan tindakan Nabi yang benar dan otentik. Dia mengucapkan terima kasih dan ucapan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, wakil perdana menteri dan menteri pertahanan, atas usaha konsisten mereka untuk melayani Islam dan Muslim di mana-mana.

Sumber: Republika

PILIHAN REDAKSI