Permintaan Sandiaga Uno, Kini Azan Terdengar di Ruangan Balai Kota

JAKARTA (UMMAT Pos) — Azan Ashar berkumandang di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, tepatnya di Gedung Blok G, Blok F, dan Blok H. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup unik.

Selama bertahun-tahun, mulai dari Jakarta di era kepemimpinan Joko Widodo atau Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, azan tak pernah disuarakan di kantor pusat pemerintahan ibu kota tersebut, kecuali dari speaker di Masjid Fatahilah yang berada di area Balai Kota.

“Kalau mau masuk waktu salat, seluruh Balai Kota ini terdengar. Khusus adzan saja,” kata Kepala Bagian Rumah Tangga Biro Umum Pemprov DKI Rokman Lizar, saat ditemui wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (26/10/2017).

Suara Azan dari Masjid Fatahillah itu, kemudian disambungkan ke beberapa ruangan Balai Kota sejak kemarin. Rencananya, azan akan terpasang di speaker seluruh penjuru dan ruangan di Balai Kota.

Menurut Rokman, ini merupakan permintaan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Ia menjelaskan, Kabiro Umum Pemprov DKI Firmansyah diminta untuk memasang speaker oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Permintaan itu disampaikan Sandi secara lisan kepada Firmansyah. “Saya kan hanya menjalankan aja. Saya pelaksana,” kata Rokman.

“Saya disuruh pimpinan saya. Pak Kabiro dapat instruksi lisan dari Pak Wagub kalau bisa suara adzan kedengaran di kompleks Balai Kota,” tambahnya.

Sejauh ini, pemasangan suara azan akan dilakukan di Balai Kota, belum gedung DPRD. Padahal, gedung DPRD tepat berada di belakang Balai Kota.

Rokman mengklaim tak ada yang terganggu dengan suara azan yang cukup jelas itu. Jika ada kegiatan di area Balai Kota, volume suara azan tersebut bisa diatur operator. [faisal/cnn/kompas]