Mulai Hari Ini, GNPF MUI Berganti Nama Menjadi GNPF Ulama

JAKARTA (UMMAT Pos) — ‎Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) berganti nama menjadi GNPF Ulama. Pergantian nama kumpulan ormas-ormas Islam pro Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat Pilkada DKI lalu ini disampaikan dalam acara Konsolidasi Tokoh dan Pimpinan Ormas Islam dalam menyikapi Undang-undang Ormas No 2 tahun 2017‎ di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/10/2017).

“Pertama kami GNPF MUI ganti nama menjadi GNPF Ulama mulai hari ini. Jadi selanjutnya namanya GNPF Ulama,” kata Bachtiar Nasir, Ketua Umum GNPF Ulama dalam konfrensi pers.

Dia menjelaskan, perubahan nama GNPF MUI menjadi GNPF Ulama ‎supaya MUI sebagai lembaga majelis ulama tak di”seret-seret” dalam setiap sikap maupun kegiatan GNPF tersebut. Dengan nama GNPF Ulama, mereka lebih bebas dalam bersikap tanpa bayang-bayang MUI.

“Agar apa yang dikawal oleh GNPF berupa fatwa ini tidak semata-mata karna MUI. MUI tentu punya privasinya sendiri, dan MUI juga tidak terlalu terbebani dengan nama yang kami sandang ini. Sehingga istilah ulama ini akan menjadi ijtihad bersama dari tokoh-tokoh GNPF bersama ulama-ulama yang ada dalam mengambil keputusan,” ujar dia.

Kendati begitu, tambah Bachtiar, struktur kepengurusan GNPF Ulama dengan struktur yang lama tetap sama, tak ada perrubahan.

“‎ini cuma ganti nama saja,” kata dia.

Begitu juga dengan posisi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shibab yang tetap sebagai Dewan Pembina GNPF Ulama.

“Tak ada perubahan, beliau masih tetap sebagai Dewan Pembina,” pungkasnya. [fm]

PILIHAN REDAKSI