Mulai 2018, Pemprov DKI berikan layanan gratis naik Transjakarta dan Subsidi Pangan bagi buruh

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sebagai tindak lanjut dari penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2018 sebesar Rp 3.648.035, pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan memberikan layanan gratis naik transjakarta bagi buruh yang bekerja di Ibu Kota mulai 2018.

“Kami akan memberikan pelayanan transportasi angkutan jalan yang lebih berkeadilan dengan memberikan kartu gratis transjakarta bagi pekerja dengan angka gaji UMP, ini akan berlaku mulai 1 Januari,” ujar Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Selain layanan gratis transjakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memberikan subsidi bahan pokok.

BACA JUGA: Berlaku Mulai Januari 2018, Upah Minimum Provinsi Naik 8,71%

“Jadi satu sisi kami akan naikkan UMP, satu sisi lain kami akan turunkan biaya hidupnya dengan cara bantuan subsidi pangan,” lanjut Anies seperti dilansir Kompas Media.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memberikan Kartu Jakarta Pintar bagi anak-anak buruh yang gajinya sebesar UMP.

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta akan menganggarkan Rp 885 miliar untuk subsidi pangan dan Rp 560 miliar untuk peningkatan besaran KJP.

Nantinya, buruh dengan gaji sebesar UMP akan memberikan kartu yang bisa mengakses layanan transjakarta dan berbelanja di Jakgrosir dalam satu kartu.

PT Transjakarta dan PD Pasar Jaya akan bekerja sama dengan bank-bank rekanan dan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan buruh untuk mendata para buruh dengan gaji UMP.

Semua layanan itu diperuntukan bagi buruh yang memiliki gaji sebesar UMP DKI Jakarta 2018, berdomisili di Jakarta, dan bekerja di Jakarta.[fm]