Maroko Tolak Miliki Hubungan Resmi dengan Israel

RABAT (UMMAT Pos) —  Menanggapi pernyataan tentang tanggung jawab pemerintah untuk partisipasi orang Israel dalam kegiatan budaya dan ekonomi di negaranya, juru bicara pemerintah, Mustapha El Khalfi menegaskan bahwa Maroko tidak memiliki hubungan resmi dengan bangsa yang mencaplok tanah Palestina tersebut.

“Saya mengkonfirmasi hari ini bahwa Maroko tidak memiliki hubungan resmi dengan entitas Zionis,” katanya dalam sebuah konferensi pers di ibu kota, Rabat, Seperti dilaporkan Middle East Monitor, Jumat (3/11).

Pernyataan tersebut disampaikan menyusul kabar warga Israel turut mengambil bagian dalam acara budaya dan ekonomi di negeri Casablanca ini.

“Ini posisi resmi Maroko. Ini adalah posisi yang pasti bagi negara kita,” kata EL Khalfi. “Anda harus bertanya kepada penyelenggara acara tersebut, karena setiap kasus memiliki jawabannya sendiri.”

Aktivis Maroko yang menentang hubungan resmi dengan Israel secara rutin telah memantau apa yang mereka lihat sebagai normalisasi pelanggaran oleh institusi budaya dan ekonomi tidak resmi di kerajaan. Sementara sebelumnya Maroko telah menutup Kantor Penghubung dengan Israel pada tahun 2000. [fm]

 

 

PILIHAN REDAKSI