Kemenag: Kompetisi Robotik Tingkatkan Daya Saing dan Marwah Madrasah

JAKARTA (UMMAT Pos) — Dalam rangka memeriahkan even International Islamic Education Expo (IIEE) yang diagendakan berlangsung pada  21 – 24 November 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tanggerang Selatan, pihak Kementerian Agama akan menggelar Kompetisi Robotik Madrasah 2017.

Kompetisi Robotik Madrasah tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan mengangkat marwah madrasah. Kompetisi ini akan berlangsung dua hari, 22 – 23 November 2017. Adapun pendaftarannya, dibuka sejak 8 hingga 13 November 2017.

BACA JUGA: Kemenag Agendakan Pameran Pendidikan Islam Di ICE BSD Serpong 20 – 25 November

“Kompetisi Robotik Madrasah bertujuan menunjukkan bahwa siswa madrasah tidak hanya memahami ilmu agama, tetapi juga menguasai teknologi. Kami juga ingin mengantarkan siswa madrasah menjadi pribadi yang tangguh, ulet, mandiri, kreatif dan tetap berakhlak mulia,” ujar Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar di Jakarta, Kamis (09/11).

“Ajang Kompetisi Robotik Madrasah akan menampilkan dan mengadu kemampuan robot ciptaan siswa madrasah. Dan total hadiah yang diperebutkan sebesar 250 juta,” imbuh Umar.

Sementara itu, Kasubbag TU Dit KSKK Madrasah Papay Supriatna mengatakan Kompetisi Robot Madrasah merupakan ajang kompetisi kemampuan para siswa madrasah dari tingkat MI, MTs dan MA dalam bidang Robotika dan Otomasi. “Pada ajang ini para peserta unjuk kemampuan dalam merakit dan memprogram robot,” jelasnya.

“Hari pertama diisi dengan registrasi peserta dan pemberian Kit peserta dan pendamping di EXPO Pendis, Booth KSKK Madrasah Hall 1 ICE BSD Serpong,” jelasnya.

“Hari kedua pelaksaan adalah pengenalan robotik, breafing lomba, serta kompetisi robot MI, MTs, MA yang terdiri dari 3 sesi. Pemenang akan diumumkan pada hari itu juga,” tandasnya. [fm]