61,6 Persen Rakyat Australia Dukung Legalisasi Perkawinan Sesama Jenis

CANBERRA (UMMAT Pos) — Hasil plebisit atau survei nasional yang berlangsung selama dua bulan menunjukkan sebanyak 61,6 persen persen rakyat Australia mendukung legalisasi perkawinan sesama jenis. Mayoritas warga Australia mengatakan “ya” untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, sementara itu 38 persennya sisanya menolak.

Survei di negara bagian berpenduduk paling padat di Australia diikuti oleh 12,7 juta orang atau 79,5 persen dari populasi Australia.

Tapi hasil yang diumumkan Rabu (15/11/2017) tepat Pukul 10 pagi tersebut bukan akhir dari cerita.

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull mengatakan, ia sangat gembira melihat hasil tersebut. Ia juga menyerukan agar perkawinan sesama jenis dilegalkan sebelum Natal 2017.

“Warga Australia telah menugaskan kami menyelesaikan ini. Tahun ini, sebelum natal, ini (melegalkan pernikahan sesama jenis) pasti komitmen kami,” kata Turnbull pada Rabu (15/11).

Para pemangku kepentingan diperkirakan mulai membahas secara spesifik tentang rancangan undang-undang pernikahan sesama jenis dalam pekan ini.

Pemungutan suara itu dibuka pada 12 September dan warga Australia yang telah mendaftar, memiliki waktu hingga 7 November untuk mengembalikan survei mereka.

Komite Hak Asasi Manusia PBB pekan lalu mengkritik Australia karena meminta publik memutuskan apakah memperkenankan pasangan sesama jenis, mencakup gay dan lesbian, menikah melalui mekanisme pemungutan suara. Komite Hak Asasi Manusia PBB meminta Australia menyusun sebuah undang-undang tentang kesetaraan pernikahan terlepas dari hasil pemungutan suara tersebut. [fm]

 

PILIHAN REDAKSI