Hadhramaut Center Akan Gelar Konferensi Internasional di Jakarta

JAKARTA (UMMAT Pos) — Hadhramaut Center menggandeng Balitbang Kemenag RI bekerjasama dengan sejumlah lembaga tanah air akan menggelar Muktamar pada 22-23 November 2017 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Selain mengundang Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin dan juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menurut Direktur Hadhramaut Center, Muhammad Salim bin Ali Jabeer, Konferensi Internasional ini rencananya juga akan dihadiri oleh sejumlah tokoh akademisi yang akan mengisi seminar dan menjadi pembicara sebagai Keynote Speakers, mereka diantaranya Prof. Syed Farid Al-Attas (Malaysia), Dr. Huub De Jonge (Belanda), Dr. Martin Slama (Austria) dan Prof. Azyumardi Azra (Indonesia).

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Ummat Pos, menyebutkan bahwa Prof. Azyumardi Azra akan membawakan tema Religious Role and Influence of Hadhrami in Indonesia.

Sejumlah akademisi dan peneliti dalam negeri lainnya juga akan memberikan presentasi mereka dalam acara ini yang bertajuk, International Conference on The Dynamic of Hadhramis in Indonesia

Selama berabad-abad, orang-orang Hadhramaut (Yaman Selatan) telah menyebar dan menyumbangkan karya-karya besar peradaban dalam sejarah di seluruh dunia. Dalam pelayarannya, mereka telah sampai di Indonesia, Hadhrami menjadi salah satu peradaban tertua di Asia Selatan, komunitas ini juga memainkan peran utama di nusantara yang patut dijadikan bahan studi dan penelitian. [fm]