Indonesia Siap Bantu Afghanistan Wujudkan Perdamaian

BOGOR (UMMAT Pos) — Delegasi Majelis Tinggi Perdamaian Afghanistan meminta bantuan Indonesia untuk meredam konflik dan mewujudkan perdamaian di negaranya.

“Kami meminta bantuan Indonesia untuk membantu mewujudkan perdamaian dan stabilitas di Afghanistan,” kata Mohammed Karim Khalili di Restoran Grand Garden Kompleks Kebun Raya Bogor, Selasa.

“kami mendiskusikan tentang permintaan kedua negara dan arti bagi Afghanistan yang menginginkan perdamaian,” kata Khalili, yang bersama 35 anggota majelis menghadiri jamuan makan siang secara khusus dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ia menyadari peran penting Indonesia sehingga tak ragu meminta bantuan Indonesia untuk mewujudkan perdamaian di negaranya.

Khalili berharap ke depan dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan Indonesia dan proses perwujudan perdamaian di Afghanistan bisa semakin dekat.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi pandangan Afghanistan, yang menganggap Indonesia cukup netral dan tidak memiliki kepentingan.

Guna menindaklanjuti pertemuan hari ini, Mohammad Karim Khalili segera menyusun jadwal pertemuan berikutnya khusus membahas perdamaian Afghanistan. Pertemuan tersebut nantinya menghadirkan pihak Taliban, Pakistan, hingga ulama-ulama Indonesia.

“Jadi antusias yang disampaikan oleh Beliau saya kira akan kami sambut baik dan mereka menyampaikan segera akan menyusun jadwal secepatnya untuk nanti mengundang ulama-ulama berikutnya dari sana, dari Taliban, Afghanistan, Pakistan, kemudian juga bersama-sama dengan ulama-ulama di Indonesia untuk bersama-sama mencarikan solusi bagi saudara-saudara kita yang ada di Afghanistan,” kata mantan Gubernur DKI ini. [fm/ant]

PILIHAN REDAKSI