100 Stand Pameran Pesantren, Madrasah, dan Pendidikan Islam Meriahkan IIEE 2017

TANGERANG (UMMAT Pos) — International Islam Education Expo (IIEE) yang digelar oleh Kementerian Agama RI di buka hari ini Selasa, 21/11/2017 malam, di International Convention Exhibition (ICE) BSD City Serpong, Tangerang, Banten.

Setidaknya 100 stand pameran yang menjadi pusat informasi dan media promosi bagi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) kepada masyarakat dari tanggal 21-24 November 2017.

Sejumlah hasil karya dari tangan-tangan kreatif para mahasiswa dan pelajar turut dipamerkan.

Dari pantuan Ummat Pos Selasa siang tampak salah satu stand dari MAN 2 Kulon Progo, Yogyakarta yang menyuguhkan hasil karya siswa-siswi dari kelas 11 dan 12. Hasil karya mereka berupa pakaian yang berasal dari tangan-tangan kreatif siswa MAN 2 Kulon Progo.

Tak ketinggalan pula stand Institut Agama Islam Palangkaraya yang memamerkan hasil kreatifitas Mahasiswa yang dibimbing para staf pengajarnya.

“Jadi mahasiswa kami itu ada peminatan kelompok studi sesuai dgn ketertarikannya mau dimana. Ada club astronomi, club elektronika dan robotika,” kata Hadmah, salah seorang Mahasiswa yang ditemui di stand IAIN Palangkaraya.

Berbeda dengan MAN 2 Kulon Progo, pada stand ini mereka tidak menjual barang-barang yang dipamerkan.

Stand lainnya, dari Institut Islam Riau yang menampilkan budaya Melayu yang kental, para mahasiswa yang menjaga stand tampak atraktif menggunakan baju adat dari Riau. Tujuan mereka menampilkan hasil karyanya untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum akan kebudayaannya.

“Tujuan kami mengikuti acara ini untuk memperkenalkan kebudayaan Riau kepada masyarakat.” ujar Eka Shintia, Mahasiswi institut Islam di Riau kepada Ummat Pos.

Melalui, acara International Islamic Education Expo (IIEE) 2017, Kemenag berharap pendidikan Islam di Indonesia dapat terpublikaskkan ke kancah internasional.

Rangkaian acara tersebut mulai dari seminar internasional mengenai hubungan agama, identitas, dan kewarganegaraan, pameran lembaga pendidikan Islam dari tingkat Madrasah Aliyah (MA) hingga perguruan tinggal, dan perlombaan robotik tingkat madrasah, serta kegiatan hiburan lainnya.

Laporan: Elsa Josie dan Rahmyati
Editor: Faisal

PILIHAN REDAKSI