Rumah DP Rp 0 Berbentuk Rusun Siap Dibangun Awal 2018

JAKARTA (UMMAT Pos) — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan rumah dengan DP Rp 0 berada tak jauh dari salah satu terminal di Jakarta Timur. Dia menyebut, kompleks tersebut nantinya akan dilalui layanan transjakarta.

“Bisa disandingkan dengan integrasi dari transportasi dan yang paling memungkinkan transjakarta dan tidak terlalu jauh dari terminal besar di Jakarta Timur,” kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (27/11/2017).

Ditemui wartawan, Sandi membenarkan lokasi untuk pembangunan rumah dengan down payment Rp 0 berada di samping kompleks pemakaman umum Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Dia menyampaikan, lokasi tersebut sangat strategis.

“Ya, itu tahu (di samping TPU Pondok Kelapa). Sangat strategis,” ujar Sandi.

Rumah dengan DP Rp 0 ini akan dibangun secara vertikal oleh PD Pembangunan Sarana Jaya sebanyak 700 unit seperti apartemen dengan dua menara

Rumah itu tidak bisa dibangun dengan rumah tapak karena keterbatasan lahan di Ibu Kota.

“Jadi, harus vertical housing. Mudah-mudahan target kami 2018 awal sudah bisa groundbreaking,” ujar Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan, Selasa (21/11/2017).

Sebelumnya, anggaran pengadaan lahan untuk rumah DP 0 persen sebesar Rp 800 miliar sudah masuk dalam RAPBD 2018. Namun demikian, menurut Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, anggaran itu belum cukup untuk dapat merealisasikan salah satu janji kampanye Anies-Sandi, yakni rumah DP 0 rupiah.[fm]

PILIHAN REDAKSI