UMMATPOS.COM
Kabar Ummat Terdepan

Anies Baswedan: Sudah tahu belum, Pemprov DKI hapus sanksi Pajak & Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

JAKARTA (UMMAT Pos) — Gubernur DKI Anies baswedan kembali mengingatkan warganya untuk memanfaatkan program penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotornya. Melalui akun medsosnya, Anies menulis: Sudah tahu belum kalau Pemprov menghapus sanksi Pajak & Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dari tanggal 30 November -23 Desember 2017? 🙂

Untuk memberitahukan kebijakan itu kepada warga, Anies mengaku sengaja memanfaatkan media massa dan media sosial sebagai sarana penyebar informasi.

“Jadi meski pun sudah terlambat 5 tahun silahkan datang karena anda tidak akan dikenakan sanksi,” imbuhnya.

Adanya program pemutihan itu, kata dia, siapapun yang belum melunasi atas kewajiban pajak, selama periode itu, bebas melunasi tanpa terkena sanksi apapun.

Setelah masa berlaku kebijakan tersebut berakhir, kata Anies, Ditlantas Polda Metro Jaya, Badan Pajak dan Retribusi Provinsi DKI Jakarta, Dishub DKI serta Jasa Raharja akan kembali menggelar razia gabungan tahap ketiga. Sasarannya pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pajak atau belum melakukan daftar ulang (BDU) di lima wilayah DKI Jakarta.

“Kebijakan penghapusan sanksi ini tidak berlaku bagi masyarakat yang terkena razia kendaraan bermotor, karena kebijakan ditujukan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang mempunyai kesadaran sehingga melakukan pembayaran PKB dan BBN-KB,” tambahnya.

Menurut Anies, ada 9,3 juta kendaraan yang terdaftar dan berlalu lalang di Jakarta dengan target pajak sebesar Rp8,6 triliun. Angka terbagi atas 2,3 juta kendaraan roda empat dan 7 juta kendaraan roda dua.

Tahun ini, BPRD DKI Jakarta menargetkan perolehan PKB mencapai Rp7,75 triliun, sementara untuk BBNKB sebesar Rp5 triliun.[fm]

PILIHAN REDAKSI