Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Sunnah dan Baik dari Sisi Medis, Bagaimana dengan Tidur Miring ke Kiri?

Pertanyaan:

Izin bertanya dok, bagaimana dengan miring kiri, apakah manfaat dan kerugian jka sering tidur miring ke kiri? Bagi ibu hamil sendiri bukankah banyak disarankan agar miring kiri lebih banyak dok? Terimakasih dok penjelasannya! (Heni Maulina)

Jawaban:

Bismillah, terima kasih atas pertanyaannya. Begini, tidur dengan posisi miring ke kanan, secara syar’i jika dilakukan anda akan mendapat kebaikan sunnah dan manfaat kesehatan, jika anda tidak melakukannya tidak menjadi masalah, karena secara medis untuk sehat itu anda perlu melakukan banyak hal, seperti gaya hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Jangan terlampau banyak makan karena dikhawatirkan akan berpotensi merusak hati baik secara medis maupun secara spritual. Makanlah makanan yang baik-baik, olahraga juga penting. Sama pentingnya dengan kesehatan mental.

Mengenai posisi tidur ibu hamil, setahu saya, ibu hamil dengan usia kandungan cukup atau menjelang partus atau persalinan biasanya oleh dokter disarankan tidur sesuai dengan posisi letak bokong janin.

Setelah dokter memeriksa dan menentukan letak bokong janin. Misal letak bokong janin kiri, maka oleh dokter disarankan tidur dengan posisi miring ke kiri. Begitu pun sebaliknya, letak bokong janin kanan, maka posisi tidur miring ke kanan. Ini tujuannya agar memudahkan saat partus.

Untuk ibu hamil, saran saya didiklah anakmu sejak dalam kandungan. Salah satu cara yang ibu dapat lakukan adalah si ibu membaca ayat-ayat suci al-Qur’an dengan segenap hati. Maka gelombang suara si ibu dibawa oleh sel-sel darah merah masuk ke plasenta menuju ke setiap DNA sel si janin. DNA mengandung jutaan gen dan setiap gen memiliki kode rekam jejak apa yang ia rekam.

Jika kebaikan yang terekam maka kode-kode ini akan diekspresikan kelak dan memengaruhi karakter si anak. Begitu pula sebaliknya, jika si ibu sering mendengar hal-hal yang membuat dia cemas atau stres. Akan berdampak negatif buat si ibu. Sel-sel darah si ibu akan mengalami gangguan akibatnya penyerapan nutrisi pun terganggu. Begitu pula gelombang suara dengan pesan yang buruk ini akan di rekam di gen si janin, Apa yang akan terjadi? Saya yakin Anda sudah tahu. Selain itu, nutrisi penting bagi ibu dan janin harus tercukupi diantarany; asam amino esensial, mineral K, zat besi, asam folat,vitamin B kompleks, asam lemak omega 3 utama DHA, Ini dapat diperoleh dari buah,sayur , kacang-kacangan,bji-bijian, ikan, telur dsb. Lebih baik sumber nya alami dan organik. Untuk hal ini mintalah advis ke dokter yang merawat. Jadi tidur ibu hamil dengan posisi miring hanya salah satu ikhitar kebaikan buta si ibu dan si janin. Inilah jawab saya semoga bermanfaat.

Jika ada yang kurang berkenan mohon maaf. Wallahu a`lam bissawab.

dr.Suwardi Sukri (integratif Medicine)