Badan Siber dan Sandi Negara Dibentuk, Apa Saja Tugasnya?

JAKARTA (UMMAT Pos) — Baru saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Mayjen Dr Djoko Setiadi sebagai Kepala BSSN di Istana Negara. Sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko mendapatkan fasilitas setingkat menteri. Dia pun bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.

Tentu saja, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turut terlibat dalam Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Mengingat badan tersebut merupakan peleburan dari Direktorat Keamanan Informasi Ditjen Aptika Kementerian Kominfo dan Lembaga Sandi Negara.

Mengenai perjalanan BSSN ke depannya, Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza mengatakan peran Kominfo ini sebatas berkoordinasi dengan badan tersebut, terutama bila itu berkaitan dengan sektor yang di bawah Kominfo.

“Urusan sibernya itu yang berkaitan pengendalian untuk di bawah sektor Kominfo saja, misalnya jaringan telekomunikasi. Kita koordinasi dengan BSSN, jadi nanti sifatnya pengendalian untuk yang dibawah Kominfo saja,” ujar Noor, Rabu (3/1).

Sementara terkait, peleburan Direktorat Keamanan Informasi yang berada di bawah Ditjen Aptika Kementerian Kominfo dengan Lembaga Sandi Negara, Noor mengaku belum mengetahui informasinya lebih lanjut.

Namun, Noor menyampaikan pembentukan struktur organisasi BSSN terus dilakukan Kominfo, Lembaga Sandi Negara, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Nanti masuk masuk struktur BSSN sebagaimana dalam Perpres Nomor 53 tahun 2017 tentang BSSN,” imbuhnya.

Pembentukan BSSN dimulai ditetapkan pada Mei 2017 oleh Presiden Jokowi. Kemudian Perpres tersebut direvisi, dalam perubahan ini ditegaskan, BSSN adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden (sebelumnya melalui Menko Polhukam), dan dipimpin oleh Kepala.

BSSN ini mempunyai tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.(fm/mbd)

PILIHAN REDAKSI