Bahas Susu dan Urine Unta, AQL Islamic Center Undang Pakar Hadits MUI dan Ahli Makanan Halal dari UGM

JAKARTA (UMMAT Pos) — AQL Islamic Center kembali menggelar acara Tadabur Spesial dalam bentuk Talk Show  dengan tema “Mukjizat Unta (Urine dan Susu Unta )” di Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/18).

Selain Ustaz Bachtiar Nasir, acara yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut, menghadirkan sejumlah narasumber ulama dan pakar peternakan, seperti Direktur Halal Centre, Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta, Dr. Nanung Danar Dono, anggota Komisi Fatwa MUI Dr. Ahmad Zain Annajah dan Herly Bangkit selaku moderator.

“Tadabur kali ini kita akan menyampaikan pencerahan seputar keistimewaan hewan unta berdasarkan pada dalil-dalil Al-Quran dan As-Sunnah maupun kajian dari sisi sainsnya,” ujar Ustaz Bachtiar Nasir dalam sambutannya.

Menurutnya, unta merupakan hewan dengan keistimewaan dan sejumlah kelebihan diantara hewan lainnya karena selain digunakan untuk sarana transportasi dan bahan makanan, air susu dan bahkan urinenya pun dapat dikonsumsi secara tradisional karena diyakini berkhasiat untuk kesehatan dan pengobatan kanker.

Iklim di Madinah, kata Ustaz Bachtiar Nasir tidak sesuai untuk beberapa orang, jadi Nabi Shallallahu a’laihi Wasallam memerintahkan mereka untuk mengikuti cara adaptasi hewan gembalanya, yaitu unta dengan minum susu serta air kencingnya (sebagai obat). “Maka mereka mengikuti gembala yaitu unta dan meminum susu juga air kencingnya sampai tubuh mereka menjadi sehat,” jelasnya dengan mengutip riwayat haditsnya.

Berdasarkan penelitian ilmiah pun, ternyata urine dan susu unta dapat menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya hepatitis, penyakit gula (diabetes) dan penyakit kulit.

“Ada yang hanya memerlukan urine dan ada pasien yang cukup dengan susu unta saja. Sebagian orang perlu mendapat pengobatan dengan mencampur susu dan air seni unta,” jelas Dr. Nanung Danar Dono.

Dosen Fakultas Peternakan dari UGM Jogjakarta ini menambahkan bahwa pengobatan menggunakan urine dan susu unta tersebut digunakan tergantung pada kondisi orang yang membutuhkannya.

Sementara itu, Ust. Ahmad Zain Annajah memaparkan kemukjizatan susu dan air seni unta dalam tinjauan ilmu hadits bahwa beberapa penyakit perut lainnya terbukti dapat disembuhkan dengan urine hewan yang sering juga disebut “safinah al-sahra” (kapal padang pasir) itu.

“Sesungguhnya dalam urine unta dan susunya bisa untuk mengobati sakit perut mereka (yang rusak pencernaannya).“ (Terjemahan HR. Ahmad dan Thabrani)

Dalam kesempatan itu, Ust. Zain Annajah menjelaskan secara rinci hadis-hadis Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam tentang khasiat urine dan susu unta tersebut yang diperkuat dengan berbagai penelitian yang dilakukan para ahli medis belum lama ini.

Menurutnya kalangan ulama agama Islam juga sejak lama telah mengumpulkan hadist yang berkaitan dengan hal tersebut dan memasukkannya dalam kategori hadist mukjizat ilmiah yang dapat dibuktikan kebenarannya lewat penelitian ilmiah mutakhir. (elsa)

PILIHAN REDAKSI