China luncurkan dua satelit penginderaan jarak jauh beresolusi tinggi

JIUQUAN (UMMAT Pos) — China meluncurkan dua satelit penginderaan jarak jauh dengan resolusi tinggi ke orbit preset dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China pada pukul 12:12 malam, Jumat waktu Beijing.

Dua satelit komersial, Jilin-1 Video 07 dan 08, dikembangkan secara independen oleh Chang Guang Satellite Technology Co. Ltd., dan akan menyediakan data penginderaan jauh, serta produk untuk pemerintah dan kalangan industri bersamaan dengan delapan satelit Jilin-1 yang diluncurkan sebelumnya.

Pada Oktober 2015, empat satelit komersial Jilin-1 dikirim ke luar angkasa. Pada Januari 2017, Jilin-1 Video 03 diluncurkan, dan Jilin-1 Video 04, 05, dan 06 dimasukkan ke dalam orbit yang telah ditentukan pada November tahun lalu.

Jumat ini menandai peluncuran keempat untuk keluarga satelit Jilin-1 dan satelit tersebut dibawa oleh sebuah roket Long March-11. Ini adalah misi ke 264 dari rangkaian roket Long March.

Ini juga merupakan misi peluncuran kedirgantaraan ke-100 yang dilakukan oleh pusat Jiuquan. Didirikan pada 1958, tempat ini adalah pusat peluncuran ruang komprehensif pertama China dan satu-satunya pusat peluncuran antariksa berawak. Demikian diberitakan Xinhua.

Sumber: Antara

PILIHAN REDAKSI