Gempa terjadi saat Jokowi tengah bersiap ke acara ulang tahun Ketua Umum PDI-P

JAKARTA (UMMAT Pos) — Gempa yang mengguncang di perairan Selatan Jawa, Samudera Hindia terasa hingga Jakarta, Selasa (23/1). Saat gempa terjadi, Presiden Joko Widodo diketahui masih berada di Istana Merdeka Jakarta.

Beberapa saat setelahnya, tampak pegawai Kantor Staf Presiden berhamburan keluar berusaha menyelamatkan diri.

Jokowi baru saja bertemu Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis dan tengah bersiap menuju ke acara ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Taman Ismail Marzuki.

Mengutip CNN melaporkan kepanikan tak hanya terjadi di Istana. Pegawai kantoran di Jakarta pun berhamburan keluar gedung mengevakuasi diri saat gempa mengguncang sekitar pukul 13.34 WIB.

Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang berjaga sempat mondar-mandir memantau situasi. Namun, setelah gempa usai, mereka kembali bertugas seperti biasa.

Gempa bumi yang mengguncang Jakarta berpusat di wilayah laut Samudera Hindia Selatan Jawa pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Provinsi Banten. Gempa tektonik itu terjadi pada kedalaman laut 61 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa terjadi sekitar pukul 13.34 WIB dengan kekuata 6,1 Skala Ritchter.

“Berdasarkan pencitraan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, gempa berupa guncangan turut berdampak ke wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG M. Riyadi melalui keterangan tertulis, Selasa (23/1)

Riyadi mengatakan gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia.

Hingga pukul 13:46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Riyadi mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.[fm/cnn/kompas]

PILIHAN REDAKSI