100 Hari Anies-Sandi Pimpin Jakarta, Satu Persatu Janji Ditunaikan

JAKARTA (UMMAT Pos) —  Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno sudah 100 hari memimpin Jakarta. Apa yang disampaikan dalam kampanye satu persatu sudah ditunaikan. Tentu ini baru langkah kecil untuk kerja besar menuju Jakarta yang Maju dan Bahagia.

Melalui akun twitternya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menulis: Tepat 100 hari yang lalu, kami mengemban amanah untuk memimpin Jakarta. Pekerjaan masih sangat banyak, mari bekerja bersama dan menjadi saksi bahwa perubahan sedang terjadi di kota DKI Jakarta.

Sementara itu Wagub DKI, Sandiaga S. Uno melalui akun twitternya menuliskan harapannya:
Hari ini, bertepatan dengan 100 hari kami mengemban amanah memimpin Ibukota DKI Jakarta. Tentunya kami butuh doa serta dukungan dari seluruh warga Jakarta untuk dapat merealisasikan program-program yang telah dicanangkan.

Sandiaga menyerahkan penilaian kinerjanya bersama Anies kepada warga Jakarta.

“Terlalu dinilah untuk mengevaluasi. Tapi biar masyarakat yang menilai,” kata Sandiaga di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2018).

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik sejak 16 Oktober 2017 lalu. Terdapat beberapa program unggulan yang sudah dijalankannya seperti:

1. Menarik Raperda terkait reklamasi Jakarta.

2. Menguji coba Program OK-OTrip.

3. Peletakkan batu pertama untuk program rumah DP 0 persen.

4. Menutup Hotel Alexis.

5. Memperluas sasaran dan menaikkan besaran Kartu Jakarta Pinter (KJP) melalui Pergub KJP Plus.

6.  Membentuk sekretariat & mempersiapkan infrastruktur OK OCE di setiap kecamatan serta membuka layanan pengaduan warga setiap hari Sabtu di kantor kecamatan,

7. Meluncurkan One Kelurahan Outstanding Care (OK OCare), sebuah program kesehatan bersama Dinas Kesehatan.

8. Membangun Shelter Kampung Aquarium.

9. Meluncurkan Community Action Plan (CAP) untuk penataan kampung.

10. Membentuk Komite Pencegahan Korupsi Ibukota dan  mengembangkan sistem pengawasan terintegrasi lewat program Jakarta Satu.

11. Memberi tunjangan untuk para guru PAUD, guru swasta dan Guru TK.

12. Menata kawasan Tanah Abang.

13. Membuka Monas untuk kegiatan seni, budaya dan keagamaan.

14. Menyelenggarakan Nikah Massal hingga, 15. Meluncurkan Program Pertanian kota.

Dalam 100 hari kerjanya Anies-Sandi juga bisa dikatakan sukses menyelesaikan APBD secara praktis dan tepat waktu hingga tercatat Pendapatan APBD 2017 melebihi target sampai 103%.

Dalam keterangannya kepada awak media, Wagub DKI Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan fokus pada program unggulannya dalam membangun Jakarta.

“Kita akan fokus di lapangan pekerjaan, insyaallah pendidikan yang tuntas, berkualitas. Lapangan kerja ini kita genjot. Tiada hari tanpa penciptaan lapangan kerja,” terangnya.

Tentu 100 hari alias sekitar 3 bulan dan 1 pekan bukanlah waktu yang tepat untuk ‘menghakimi’ seluruh kinerja Anies-Sandi. Keduanya akan menjabat selama 5 tahun. Jadi mari anggap 100 hari ini adalah evalusi berkelanjutan sampai akhir masa jabatannya.(fm)

PILIHAN REDAKSI