Ust. Zaitun Rasmin: Setiap Kita Harus Punya Amalan Andalan

SALAH seorang shahabat dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa dia akan masuk surga. Setelah diperiksa, ternyata karena setiap malam sebelum tidur dia selalu memaafkan kesalahan orang-orang yang berbuat salah kepadanya. Dialah Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu.

Juga sahabat Bilal bin Rabah, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada Bilal,

يَا بِلاَلُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ عِنْدَكَ فِي اْلإِسْلاَمِ مَنْفَعَةً فَإِنِّي سَمِعْتُ اللَّيْلَةَ خَشْفَ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ قَالَ بِلاَلٌ مَا عَمِلْتُ عَمَلاً فِي اْلإِسْلاَمِ أَرْجَى عِنْدِيْ مَنْفَعَةً مِنْ أَنِّي لاَ أَتَطَهَّرُ طُهُوْرًا تَامًّا فِي سَاعَةٍ مِنْ لَيْلٍ وَلاَ نَهَارٍ إِلاَّ صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُوْرِ مَا كَتَبَ اللَّهُ لِيْ أَنْ أُصَلِّيَ  رواه مسلم

“Ceritakanlah kepadaku amal apa yang amat engkau istimewakan dalam Islam? Sebab aku mendengar suara kedua sandalmu di Surga.” Bilal menjawab, “Tidak ada amal ibadah yang paling kuharapkan selain setiap aku berwudhu baik siang atau malam, aku selalu shalat setelahnya sebanyak yang aku suka.” (HR. Muslim)

Belajar dari kisah-kisah ini, hendaknya kita juga memiliki amalan andalan. Yang konsisiten kita lakukan setiap harinya.

Kemuliaan mereka terlihat dari konsistensi menjaga amalnya. Meskipun terkesan sederhana, tapi tidak banyak orang yang konsisten dan mampu melaksanakannya.

Merekalah orang-orang pilihan yang memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan yang lain. Sesungguhnya surga itu memiliki banyak pintu, dan setiap orang akan memasuki pintu-pintu tersebut sesuai amal terbaiknya atau amal unggulannya selama hidup.

PILIHAN REDAKSI