Anies Ajak Warga Shalat Gerhana Bulan Lewat Surat Edaran Pemprov DKI

JAKARTA (UMMAT Pos) — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengirimkan surat edaran kepada tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI menyambut terjadinya peristiwa gerhana bulan total yang diperkirakan jatuh pada Rabu, 31 Januari 2018, mendatang.

Dalam surat bertanggal 23 Januari 2018 itu, Anies menginstruksikan beberapa hal kepada Kepala Biro Pendidikan dan Mental (Biro Dikmental), Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Kepada Kepala Biro Dikmental, Anies menginstruksikan agar memberikan informasi terjadinya gerhana itu kepada para pengurus masjid.

“Disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan salat gerhana secara syar’i,” demikian pernyataan Anies dalam surat edaran tersebut.

Kepala Dinas Dikmental Hendra Hidayat menyampaikan, sebelumnya memang ada rencana untuk menyampaikan informasi soal peristiwa gerhana itu ke masjid-masjid dan menganjurkan salat sunnah berjamaah. Namun, ia sendiri belum mengetahui kalau hal itu menjadi instruksi dari Gubernur melalui surat tertulis.

“Memang ada rencana. Dan itu kan bagus. Sifatnya imbauan. Karena kan peristiwanya jarang,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (23/1/2018).

Ia menyampaikan, hal itu dilakukan untuk mengingatkan masyarakat kebesaran Tuhan dalam peristiwa tersebut.

Sementara, kepada kepala Disbudpar, Anies meminta agar disiapkan fasilitas dan dukungan di tempat-tempat wisata yang dapat dijadikan sebagai titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta.

Saat dihubungi, Kepala Disbudpar Tinia Budiarti menyampaikan bahwa dirinya siap melaksanakan instruksi yang dikeluarkan Anies tersebut.

“Yang jelas kami punya planetarium. Di atas gedung planetarium kami ada fasilitas untuk mereka yang ingin melihat (Gerhana bulan penuh),” ungkapnya.

Terakhir, kepada kepala Dinas Pendidikan, Anies menginstruksikan agar informasi gerhana bulan itu disebarkan ke sekolah-sekolah disertasi himbauan kepada.

“Untuk menjadikan fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan,” begitu pernyataan Anies di dalam surat edaran tersebut. (fm)

PILIHAN REDAKSI