Kecewa Dengan Penampilan Najwa Shihab Saat Mencecar Anies, Warganet: Please Deh Mba Nana

JAKARTA (UMMAT Pos) — Penampilan Najwa Shihab saat memandu acara talkshow di salah satu stasiun televisi swasta, Rabu (24/1) menuai kritikan warganet karena dinilai kurang sopan dan kerap memotong penjelasan dari narasumber, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Berikut ini, transkrip ketika Nana, panggilan akrab mantan anchor program berita prime time Metro Hari Ini yang dituding seenaknya memotong salah satu jawaban Anies:

Pada saat Anies Baswedan sedang berusaha menjelaskan tentang aturan rumah DP nol rupiah seperti yang ditanyakan Nana, tapi justru jawaban tersebut dipotong Nana.

“Saya selesaikan sebentar Jakarta itu ada pusat, timur, barat, dan utara. Tiap-tiap daerah itu,” kata Anies Baswedan.

“Sisi lainnya beda?” kejar Nana coba memotong penjelasan Anies.

“Bukan sisi lainnya beda-beda, aturan dari pemerintah pusatnya beda-beda,” ujar Anies Baswedan lagi.

Bukannya Nana diam sejenak guna menyimak apa yang bakal disampaikan Anies, tapi ia justru menimpali lagi jawaban Gubernur DKI Jakarta.

“Karena ini menggunakan FPLP aturan pemerintah pusat, bukan dari pemerintah provinsi?” kata Nana.

Ya betul, karena itu izinkan saya selesaikan dulu. Habis motong-motong terus sih, sergah Anies Baswedan yang merasa jengah dan malah disambut tepuk tangan simpati dari penonton di studio.

Penampilan Nana pun menjadi sorotan publik khususnya pengguna media sosial yang menyaksikan acara yang dipandunya pada Rabu, 23 Januari 2018 pukul 20.00 Wib.

Berikut beberapa komentar warganet yang dirangkum UMMAT Pos: 

Seorang akademisi, Adnin Armas lewat akun twitternya @armas_adnin pada 25 Januari Menulis: Najwa Syihab dlm acara Mata Najwa 100 hari Anies-Sandi seperti seorang politikus oposisi ketimbang seorang jurnalis seperti Bang Karni di ILC. Kritis Najwa perlu tetapi pemilihan narasumber seperti hanya dari ketua DPRD PDIP, dan debatnya Najwa menunjukkan sikapnya tendisius.

Pemilik akun @nieke_aereta, Olivia Nieke Yuliane juga menuliskan kekecewaannya atas Penampilan Najwa Shihab dengan menulis: Lagi nerusin nonton Mba @NajwaShihab di Mata Najwa 100 Hari Anies-Sandi. Maaf, saya agak gemas, risih campur geram pas bab topik Becak & DP 0 Rupiah. Krn anda nge-cut pembicaraan sering sekali,sampe Gubernur blg “Sbntr sy teruskan dl. Soalnya dipotong2 terus”. Plz deh Mba Nana..

Ada juga adi nathan @sitijenar13 yang di akun twitternya menulis: Satu kata untuk mata najwa kali ini dengan tema 100 hari anies -sandi ..jangan nyelak nara sumber bicara.

Warganet lainnya, Maudy Asmara lewat akunnya menulis: Tadi malam di Mata Najwa Saya melihat Pak Anies-Sandi tetap bersahaja Dan Najwa terus mencari celah Kupikir setelah ganti channel akan berubah eh..ternyata sama saja. Ya sudahlah dasar… Mu gimana lagi

Komentar yang cukup pedas dilontarkan pemilik akun @CondetWarrior: Orang macem @NajwaShihab yg sudah biasa mabuk pujian sesekali harus dipermalukan di depan publik atas kebiasaan buruknya ‘nyerocos’ dan memotong pembicaraan orang lain. @aniesbaswedan & @sandiuno itu tamu lho! Najwa waktu kecil diajarin tata krama ga?

Hal senada disampaikan pemilik akun @sailordreamer yang menulis:Tukang Jegal Pembicaraan. Kesan Intelek langsung Drop ketika seseorang tidak mengutamakan Etika dlm berbicara. Menguasai pembicaran…buat apa ngundang NarSum. Mending @MataNajwa bikin acara sendiri tampil sendiri biar ngomong sendiri biar puas (fm)