Fenomena Supermoon, Anies-Sandi Rencana Ikut Nobar Gerhana Bulan

JAKARTA (UMMAT Pos) — Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno rencananya akan ikut nonton bareng (nobar) fenomena gerhana bulan total pada Rabu (31/1/2018).

Namun, Anies belum menginformasikan lokasi yang akan didatangi besok untuk menyaksikan momen langka itu.

“Insyaallah saya menonton gerhana juga. Makanya nanti titiknya yang mana, saya kabari,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (30/1/2018).

Anies berharap cuaca akan cerah dan gerhana bulan total bisa dinikmati warga.

“Mudah-mudahan besok tidak hujan, awannya juga bersahabat, sehingga bagi yang motret-motret nih kamera-kamera punya kesempatan ambil gambar juga,” ucapnya.

Sementara itu, Sandiaga mengatakan, dirinya kemungkinan akan menyaksikan gerhana bulan total di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Sandiaga akan mengonfirmasi kembali lokasinya kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati.

“Besok ya, Insyaallah (menonton gerhana). Saya katanya (nobar) di Kota Tua. Kami (di) Kota Tua kelihatannya, nanti saya cek sama Bu Tinia,” kata Sandiaga saat ditemui terpisah.

Supermoon atau gerhana bulan total (GBT) yang akan terjadi pada 31 Januari 2018.
Supermoon atau gerhana bulan total (GBT) yang akan terjadi pada 31 Januari 2018.(BMKG)
Adapun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyiapkan beberapa lokasi untuk menyaksikan gerhana bulan total, yakni:
1. Planetarium Taman Ismail Marzuki

2. Tugu Monas

3. Perkampungan Budaya Betawi (Setu Babakan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan)

4. Taman Fatahillah, Kota Tua

5. Kepulauan Seribu

6. Taman Mini Indonesia Indah

7. Taman Impian Jaya Ancol

Durasi total untuk bisa melihat gerhana bulan total di akhir Januari 2018 selama lebih kurang 1 jam 16 menit. Secara detail waktunya, pada pukul 18.48, anda bisa melihat proses gerhana bulan sebagian. Pada pukul 19.51-21.07 adalah puncak gerhana bulan total.

Sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan juga telah mengeluarkan surat edaran bagi kaum Muslimin di jajaran Pemprov DKI untuk melaksanakan Shalat Sunnah Kusuf atau Shalat Gerhana sesuai sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. [fm]

PILIHAN REDAKSI