Koalisi Arab: Iran Pasok Senjata ke Pemberontak Houthi untuk Serang Kapal Dagang

RIYADH (UMMAT Pos) — Temuan terbaru Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi kembali mengungkap fakta keterlibatan Iran yang terbukti telah memasok senjata kepada pemberontak Houthi di Yaman.

Senjata-senjata tersebut digunakan untuk menargetkan kapal-kapal yang berlayar di selat Bab al-Mandeb, di mana mayoritas kapal yang melintas di wilayah itu adalah kapal-kapal komersil.

“Houthi menargetkan pelabuhan Hodeidah dengan menggunakan kapal yang penuh dengan bom, yang merupakan ancaman serius bagi perdagangan perkapalan dan perdagangan dunia, yang menekankan bahwa ada pemahaman internasional akan ancaman ini,” kata juru bicara koalisi, Kolonel Turk al-Malki, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (6/2).

Dia menunjukkan bahwa milisi telah melepaskan total 95 rudal balistik sampai sekarang dan bahwa pasukan koalisi telah menggagalkan dan menghancurkan mereka semua. Dia menyoroti bahwa milisi Houthi mengancam banyak suku Yaman dalam beberapa pekan terakhir.

Di kesempatan yang sama, dia menuturkan, truk bantuan makanan dan medis yang dikirim koalisi telah mencapai Yaman. Bantuan tersebut telah dirasakan oleh sekitar 400 ribu warga Yaman.

Terkait kondisi Aden, Malki menyatakan sudah ada kesepakatan antara semua pihak untuk menyelesaikan masalah yang ada. “Kami telah menemukan sebuah persetujuan dari semua pihak di Aden untuk mengembalikan stabilitas ke ibukota sementara,” kata Malki.

Dia menambahkan bahwa tentara nasional Yaman mencapai kemenangan berurutan di al-Jawf dalam beberapa pekan terakhir dan mengungkapkan sebuah sel teroris Houthi di Marib telah dinetralisir.[fm]

PILIHAN REDAKSI