Antisipasi kerusakan barang pasca banjir, simak tips penting berikut!

JAKARTA (UMMAT Pos) — “Jakarta kebanjiran, di Bogor angin ngamuk. Rumah ane kebakaran gare-gare kompor mleduk.” (Benyamin Sueb)

Bait-bait sederhana yang dahulu dilantukan oleh Benyamin Sueb di atas menggambarkan wajah kota Jakarta yang kerap dilanda banjir.

Nah, bagi anda yang baru saja dilanda bencana tersebut, anda tidak boleh bermalas-malasan. Sejumlah hal harus dilakukan, untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut dari bencana tersebut.

Guna mengantisipasi gangguan kesehatan, serta potensi kerusakan barang-barang anda lebih lanjut berikut sejumlah saran dari Humas Unit Transfusi Darah Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), dr.Putri Srihartaty:

1. Matikan Arus Listrik
Mematikan arus listrik ketika akan membersihkan rumah pasca banjir adalah hal yang harus dilakukan pertama kalinya. Alasannya karena ditakutkan adanya arus listrik yang mengalir lewat genangan air yang masih berada di beberapa bagian rumah, dan hal itu berbahaya.

2. Gunakan Air Bersih atau Desinfektan
Saat banjir memenuhi rumah biasanya diikuti lumpur yang terbawa genangan air. Oleh karenanya, Anda membutuhkan waktu membersihkannya dengan air bersih. Air bersih mampu memudahkan Anda dalam membersihkan lumpur yang membandel, atau jika diperlukan, air itu dicampur desinfektan.

3. Kelompokkan Barang-barang
Selesai membersihkan lumpur dan air tergenang, saatnya mengelompokkan barang-barang di rumah Anda. Perhatikan kondisi barang-barang yang ada di setiap sudut rumah. Apakah terkena rendaman banjir atau hanya sebagian saja?

Jika terkena imbas rendaman banjir, sebaiknya Anda segera membersihkan dan memperbaikinya. Apalagi untuk bahan-bahan yang berbahan kayu yang dapat lapuk dan berjamur karena banjir. Untuk baju dan perlengkapan makan, segeralah dicuci bersih dengan sabun anti kuman.

Untuk buku-buku koleksi, jika belum begitu rusak, segera jemur atau diangin-anginkan. Kalau bentuknya sudah rusak, Anda harus segera membuangnya.

4. Perhatikan Barang Lembab
Memang tak semua barang-barang terkena rendaman air saat banjir, tapi dapat dipastikan bahwa barang-barang Anda dalam kondisi lembab. Apalagi barang-barang yang berbahan kain seperti pakaian, handuk, dan selimut paling mudah untuk terkontaminasi bakteri.
Jika demikian, cucilah pakaian dengan air panas kemudian jemur hingga kering. Bila Anda memiliki karpet yang juga lembab, cucilah dengan menggunakan larutan desinfektan sebanyak dua sendok makan. Kemudian keringkan karpet dengan cara menggantungkannya dan terkena sinar matahari langsung.

5. Perhatikan Dinding
Dinding yang ada di rumah tidak boleh luput dari perhatian Anda, ya. Bersihkan segera dinding dari lumpur yang menempel dengan sikat dan cairan desinfektan. Jika beberapa bagian dinding rusak hingga catnya mengelupas, Anda bisa melakukan pengecetan ulang.

6. Perbaiki Perangkat Elektronik
Selain interior rumah, biasanya perangkat elektronik Anda pun juga terkena dampak dari genangan banjir ini.

Jangan menyambungkan perangkat elektronik yang sudah terkena air ke listrik karena dapat menimbulkan kerusakan pada perangkat elektronik. Lebih baik Anda membawa perangkat elektronik yang rusak ke tempat servis terpercaya untuk diperbaiki sesegera mungkin.[fm]

PILIHAN REDAKSI