Meriahnya Festival Danau Sunter, Inilah Harapan Warga Jakarta

JAKARTA (UMMAT Pos) — Danau yang sebelumnya kumuh dan bertumpuk sampah, kini menjadi danau yang layak digunakan untuk berenang oleh Menteri Kelauatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno.

Dipadati pengunjung yang umumnya millennials, banyak dari mereka yang berharap agar pemerintah daerah lebih memperhatikan danau yang dibangun sekitar 1970 dengan luas semula 15 hektare. Berikut harapan tiga millenials terkait Danau Sunter ke depan.

 

1. Seputar Danau Sunter diberlakukan car free day

Ojen, pemuda asli Jakarta Utara ini berharap agar pemerintah menerapkan kebijakan car free day atau hari bebas kendaraan setiap Ahad pagi di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara.

“Senang ada acara kayak begini, rame jadinya. Kalau bisa seminggu sekali, dibikin kayak car free day aja. Jadi di sekitar Danau Sunter bebas dari motor dan mobil,” kata pria 30 tahun itu, Ahad (25/2).

 

2. Warga dan pemerintah aktif menjaga kebersihan Danau Sunter

Harapan terkait Danau Sunter juga disampaikan Riyan, pemuda kelahiran Jakarta Utara 1993. Dia ingin agar pemerintah bersama masyarakat turut menjaga kebersihan danau, tidak hanya untuk satu momentum saja.

“Harapan saya semoga pemerintah, bareng-bareng ya sama masyarakat, menjaga kebersihan danau ini terus-terusan. Jangan gara-gara ditantang Ibu Susi saja,” ujar Ryan.

 

3. Pemerintah sering blusukan ke sekitar Danau Sunter

Hal senada juga disampaikan Hartaningsih. Perempuan 33 tahun itu mengaku senang dengan acara yang digagas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini. Melalui Festival Danau Sunter 2018, banyak pejabat daerah yang menyapa konstituennya.

“Saya senang dengan acara ini. Banyak pemerintah, kayak tadi kita disapa sama Pak Wagub, ada Ibu Menteri juga. Sering-sering kayak gini, jadikan pemerintah juga melihat kita, menyapa warganya,” ujar dia.

Hal yang menarik adalah saat ketiganya ditanya jagoan mereka di pertandingan renang Susi vs Sandi. Mereka memiliki jawaban yang sama, yaitu memilih Menteri Susi yang juga pemilik Susi Air itu, dengan harapan agar pemerintah bisa membersihkan seluruh danau di Jakarta.

[fm/idntimes]

 

PILIHAN REDAKSI