Tolak Internasionalisasi Dua Kota Suci, Sejumlah Tokoh Silaturrahmi ke Dubes Arab Saudi di Jakarta

JAKARTA (UMMAT Pos) — Sejumlah tokoh dari berbagai lembaga dan Ormas Islam seluruh Indonesia bersilaturahmi dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Osama bin Mohammad Abdullah al Shuaibi. Pertemuan berlangsung di kediaman Dubes Jalan Teuku Umar Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/2).

“Malam hari ini merupakan malam yang sangat bahagia, di saat kami menerima lebih dari 30 lembaga ataupun tokoh Islam yang hadir pada malam ini,” ucap Syekh Osama dalam sambutannya.

Kedatangan para ulama serta tokoh umat Islam ini dalam rangka menyampaikan sikap berupa penolakan terhadap upaya internasionalisasi dua tanah suci yakni Kota Makkah dan Madinah.

Syekh Osama menuturkan, upaya tersebut coba dilakukan melalui sebuah klaim dalam sebuah konferensi yang dihadiri utusan lembaga dari Malaysia maupun India, di mana keduanya dinilai tidak memiliki otoritas terkait dan upaya tersebut telah mendapatkan kecaman dari umat Islam Indonesia.

Selanjutnya bagi Kerajaan Arab Saudi sendiri, dukungan dari Umat Islam Indonesia ini merupakan refleksi untuk menolak upaya yang dimotori Iran dan Qatar.

“Apa yang disampaikan para tokoh Islam dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Jawa, Sulawesi, Papua, Sumatra dan Bali ini adalah suatu refleksi yang sejalan dengan sikap dan pernyataan bersama Arab Saudi, mereka menolak upaya internasionalisasi haji,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya Ketua PP Muhammadiyah Prof. Yunahar Ilyas, Ketum DPP Wahdah Islamiyah Ustaz Dr. Muhammad Zaitun Rasmin, Ketua Majelis Penasehat Persis Ustaz Maman Abdurahman, Ketua Umum PP Badan Koordinasi Mubalig se-Indonesia (Bakomubin) Dr. Ali Muchtar Ngabalin, Pimpinan Ponpes Darut Tauhid KH. Abdullah Gymnastiar, serta Ketua Persatuan Umat Islam (PUI) KH. Nazar Haris.(fm)

PILIHAN REDAKSI