Anda tak bisa takut-takuti kami, begini respon Turki atas rencana sanksi dari AS

MOSKOW (UMMAT Pos) — Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menanggapi rencana Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan sanksi kepada Ankara terkait keputusan Turki untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

Sebaliknya Cavusoglu justru menegaskan bahwa Turki akan memberikan respon yang sesuai jika sanksi itu jadi dijatuhkan.

Mengutip laporan Sputnik yang mewartakan bahwa AS dalam beberapa pekan terakhir dilaporkan tengah membahas rencana untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki, terkait dengan keputusan Ankara tersebut.

“Jika AS ingin menghukum Turki dengan sanksi, Turki akan bereaksi dengan cara lain, tidak seperti Rusia atau negara lainnya. Kami akan merespon. Anda tidak dapat mengancam Kami. AS mengancam banyak negara dengan mengatakan ‘Jangan membeli gas dari satu atau negara lain. ‘ Itu tidak berhasil terhadap kami,” ucap Cavusoglu, seperti pada Ahad (11/3).

Di kesempatan yang sama, Cavusoglu menyinggung mengenai upaya damai di Suriah. Dirinya menyatakan Turki bersama dengan Rusia telah mencapai kemajuan nyata dalam penyelesaian konflik Suriah.

“Dalam satu setengah tahun, kita bersama-sama dengan Rusia mencapai kemajuan, dalam memastikan rezim gencatan senjata dan penciptaan zona de-eskalasi, untuk menemukan solusi politik dalam konflik Suriah,” ucapnya.

Cavusoglu menambahkan, Turki berharap Rusia dan Iran akan mengakhiri pelanggaran terhadap kesepakatan yang dicapai di Astana dan Sochi mengenai Suriah.(fm/sputnik)

PILIHAN REDAKSI