Bersepeda Menuju Balaikota, Wagub DKI Imbau Pengguna Kendaraan Bermotor Lebih Tertib

JAKARTA (UMMAT Pos) — Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno menetapkan Jumat sebagai hari bersepeda.. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan untuk membudayakan bersepeda menuju tempat kerja.

“Pemprov DKI akan terus meningkatkan fasilitas bagi pesepeda,” katanya pada Jumat, (16/3/2018).

Mengutip beritajakarta.id, kegiatan bersepeda bersama ini dimulai dari Jl Jenggala, Kelurahan Selong, Kebayoran, Baru, Jakarta Selatan menuju Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Turut serta dalam rombongan, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Michael Rolandi C Brata; Asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Lingkungan, Bambang Sugiyono; serta puluhan pesepeda lainnya.

Dalam perjalanan, Sandi mengkritisi masih adanya angkutan umum yang emisi gas buangnya diduga kuat melanggar aturan. Selain itu, dirinya juga memperhatikan betul fasilitas-fasilitas yang dinilainya masih perlu diperbaiki, termasuk untuk lebih memberikan kenyamanan bagi pesepeda.

“Saya minta Dinas Bina Marga agar gorong-gorong di depan Gedung UOB Dukuh Atas dievaluasi karena dapat membahayakan pesepeda,” kata Sandi, Jumat (16/3).

Menurutnya, komunitas pesepeda juga menginginkan pengendara kendaraan bermotor baik pribadi maupun angkutan umum agar lebih tertib.

“Usulan-usulan dari komunitas pesepeda itu akan kita tindaklanjuti. Pemprov DKI akan terus meningkatkan fasilitas bagi pesepeda di Jakarta agar nyaman dan aman,” terangnya.

Sandi menambahkan, dirinya mendukung penuh agar budaya bersepeda dapat lebih digencarkan, terutama di hari Jumat.

“Komunitas-komunitas kita sekarang mulai didorong untuk setiap Jumat bersepeda ke kantor,” tandasnya.[fm]

PILIHAN REDAKSI