Bahas Peluang Anies Baswedan di Pilpres 2019, Begini Kata Wapres JK

JAKARTA (UMMAT Pos) — Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap Anies Baswedan untuk lebih fokus mengawal pemerintahan sebagai Gubernur DKI saat ini daripada mempertimbangkan peluangnya untuk ikut dalam bursa Calon Presiden (capres) 2019.

“Oh…semua bisa, tapi sekarang konsentrasi dulu jadi gubernur DKI,” ucap JK saat menjawab pertanyaan wartawan di Bundaran HI, Ahad, (25/3/2018).

Ketika ditanya mengenai figur Anies yang digadang-gadang jadi calon wakil presiden, JK tampak belum banyak komentar mengenai hal itu.

Selain itu, JK mengatakan, untuk figur cawapres Joko Widodo (Jokowi) dirinya tak bisa menentukan. Pasalnya, penentuan cawapres akan ditentukan oleh partai politik pendukung Jokowi.

“Itu kan yang mengajukan partai-partai,” ucapnya.

Wapres JK pagi ini melakukan jalan santai bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sekitaran Bundaran HI, Jakarta.

Dilansir dari rilis.id, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam jajaran Calon Wakil Presiden (Cawapres) terkuat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu disebut-sebut bakal mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade.

“Nama tersebut muncul karena komunikasi dan silaturahmi antara Prabowo dan Anies,” kata belum lama ini.

Bahkan survei Alvara, Anies dinyatakan sebagai tokoh yang paling diinginkan masyarakat untuk mendampingi Prabowo, dipilih oleh 60 persen dari 2.203 responden.

Anies juga mengalahkan beberapa nama lain, seperti Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhyono (AHY). Karena itu, nama Anies patut dipertimbangkan menjadi Cawapres mantan Danjen Kopassus itu.[fm]

PILIHAN REDAKSI