Seniman Turki ini ungkapkan kepeduliannya atas kondisi Palestina lewat karya seni

JERUSALEM (UMMAT Pos) — Seorang penulis dan ilustrator Turki Hasan Aycin mengadakan pameran karya-karyanya bertema Palestina yang diadakan di Institut Yunus Emre Ankara, Turki sejak Sabtu (31/3/2018).

Mengutip laporan kantor berita Turki, Anadolu Agency menyebutkan bahwa sejumlah 40 karya dan publikasi tentang dunia yang tertindas dan korban, dipamerkan untuk menandai tahun ke-40 dalam aktivitas seninya.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal Turki Gurcan Turkoglu mengatakan bahwa pameran ini mencerminkan keprihatinan atas masih berlangsungnya ketidakadilan dan penindasan di dunia.

“Hari ini kami di sini untuk pameran yang menarik, tetapi kami tidak dapat melakukannya karena peristiwa yang terjadi kemarin di Palestina sana,” katanya.

Sementara itu, Direktur Yunus Emre Institute Ozdemir mengatakan, Penulis Aycin mampu mengekspresikan rasa duka dari daerah dalam karya seninya.

Dia menambahkan, bahwa budaya merupakan salah satu hal penting bagi Palestina, itulah sebabnya mengapa pusat kebudayaan mendukung warga Palestina untuk memiliki akses ke sana.

“Orang-orang Palestina berusaha mengekspresikan diri mereka melalui kegiatan seni dan budaya di Yerusalem dan Tepi Barat,” katanya.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya akan terus mempromosikan budaya dan berupaya menghadirkannya sebagai pusat budaya, serta mendukung kegiatan promosi kebudayaan Palestina.

Pameran akan berlangsung selama dua pekan dan terbuka untuk masyarakat umum.

Institut Yunus Emre didirikan oleh pemerintah Turki tahun 2007, memakai nama penyair dan ahli sufi terkemuka Turki abad ke-14.

Selain Konsul Jenderal Turki Gurcan Turkoglu, diantara pejabat yang hadir diantaranya Menteri Palestina Urusan Yerusalem Adnan al-Husseini, Direktur Yunus Emre Institute Furkan Ozdemir, Kepala Otoritas Islam Agung Yerusalem Sheikh Ekrima Sabri dan Redaktur Yeni Safak Omer Lekesiz.[fm/anadolu]

 

PILIHAN REDAKSI