Temui Anies Baswedan, Dubes Turki Sampaikan Undangan Walikota Istanbul

JAKARTA (UMMAT Pos) — Duta Besar Turki untuk Indonesia H.E. Mehmet Kadri Şander Gürbüz bertemu dengan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Anies Baswedan pada Rabu di Balai Kota, Jakarta.

Dalam keterangan tertulisnya, Anies Baswedan mengatakan bahwa pertemuan yang berlangsung hangat dan akrab membahas hubungan antara bangsa dan negara di berbagai bidang, khususnya perdagangan, pariwisata dan transportasi.

“Kita bahas juga rencana untuk menghidupkan kembali Program Sister City antara Istanbul dan Jakarta. Pertukaran ide dan rencana kemarin terasa hangat, bukan hanya berbalas sapa secara diplomatis tapi ada substansi kedekatan semangat antar dua bangsa dan kesamaan harapan untuk membangun dua kota menjadi simpul kemajuan bagi masing-masing negara,” jelas Anies.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Gürbüz menyampaikan langsung undangan resmi dari Wali Kota Istanbul kepada Anies Baswedan untuk dapat berkunjung dalam waktu dekat.

Dubes Gürbüz menjelaskan kedatangan Anies Baswedan ke Istanbul akan memperkuat hubungan kedua kota.

Februari lalu, Dubes Gürbüz juga bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk menjajaki kerja sama strategis Jakarta-Istanbul.

Sandiaga mengatakan Turki adalah negara yang sukses mendatangkan 32 juta wisatawan dan 10 juta di antaranya mengunjungi Istanbul.

“Indonesia kini menuju angka 20 juta wisatawan, dan baru dua juta yang ke Jakarta,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan kedatangan Dubes Gürbüz juga membahas peningkatan kerja sama investasi di bidang transportasi dan pembangunan infrastruktur. (fm/aa)

PILIHAN REDAKSI